CES 2018

Bos Intel Janji Tambal Celah Prosesor dalam 1 Minggu

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 09 Jan 2018 17:43 WIB
intelcyber securityces 2018
Bos Intel Janji Tambal Celah Prosesor dalam 1 Minggu
CEO Intel, Brian Krzanich dalam pembukaan CES. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Jakarta: CEO Intel, Brian Krzanich, mengatakan bahwa update software untuk menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh Meltdown dan Spectre akan rilis dalam waktu beberapa hari ke depan. Kzanich membahas tentang ini dalam pembukaan acara CES yang diadakan di Las Vegas. 

Krzanich berkata, 90 persen dari prosesor dan produk yang diluncurkan dalam waktu 5 tahun belakangan akan mendapatkan patch keamanan "dalam waktu satu minggu", lapor BBC. Minggu lalu, Intel mendapatkan kritik keras setelah informasi terkait kelemahan yang ada pada prosesor buatannya dipublikasikan. 

Meltdown dan Spectre adalah kelemahan yang unik karena keduanya memanfaatkan celah yang ada dalam komponen penting dari komputer modern, yaitu CPU (Central Processing Unit). Kedua kelemahan itu memungkinkan penyerang untuk mengakses data sensitif yang ada pada memori prosesor yang seharusnya tidak bisa diakses siapapun. 

Dalam CES, Krzanich menyempatkan diri membahas tentang celah pada desain prosesor yang ditemukan oleh para peneliti pada chip buatan Intel, ARM dan AMD. Namun, Krzanich tidak meminta maaf atas sesuatu yang dia sebut sebagai masalah di keseluruhan industri. 

"Sebelum kita mulai, saya ingin berterima kasih pada seluruh pelaku industri karena telah bekerja bersama," kata Krzanich.

"Keamanan adalah tugas nomor satu untuk Intel dan industri kita, jadi, fokus utama dari diskusi kita adalah untuk memastikan data pelanggan tetap aman."

Sebelum ini, dia menyebutkan bahwa tidak ada kasus ketika data pelanggan diakses via eksploitasi yang didesain untuk memanfaatkan pada kelemahan prosesor.

Dia juga meminta agar para pengguna untuk mengunduh pembaruan keamanan secepat mungkin agar mereka bisa melindungi diri dari para kriminal siber. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.