Komentar BFF Hijau di Facebook Bukan Berarti Akun Anda Aman

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 27 Mar 2018 09:37 WIB
media sosialfacebookhoax
Komentar BFF Hijau di Facebook Bukan Berarti Akun Anda Aman
Status yang menjadi viral.

Jakarta: Apakah Anda pernah melihat sebuah post di Facebook yang menyebutkan bahwa jika Anda mengetikkan "BFF" di bagian komentar dan kata tersebut berubah menjadi warna hijau, maka akun Anda aman? Itu bohong. 

Dalam skandal Cambridge Analytica, diketahui bahwa data dari lebih dari 50 juta pengguna Facebook bocor ke perusahaan yang bekerja sama dengan Presiden Donald Trump dalam kampanye pada 2016. Tidak heran jika para pengguna Facebook menjadi khawatir dengan keamanan akun mereka. 

Seperti yang disebutkan oleh Inverse, status tentang tulisan BFF berwarna hijau berarti akun Facebook aman dengan cepat menjadi viral. Termasuk di Indonesia. Masih belum diketahui darimana status ini berasal. Satu hal yang pasti status itu tidak lebih dari kebohongan. 

"Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menciptakan kata BFF untuk memastikan akun Anda aman di Facebook," tulis status yang menjadi viral tersebut. "ketikkan BFF di komentar. Jika terlihat hijau, akun Anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi Anad segera karena mungkin akan diretas oleh seseorang. "

Pada Oktober 2017, Facebook meluncurkan fitur animasi baru yang akan muncul ketika pengguna menggunakan kata-kata tertentu, seperti "congratulations" atau "selamat" dan "xoxo". BFF merupakan salah satu kata yang memicu animasi tersebut. 

Facebook terus memperbarui kata kunci yang memicu animasi tersebut. Inilah yang menyebabkan mengapa sebagian pengguna sudah dapat melihat BFF berwarna hijau sementara sebagian pengguna lain tidak. Komentar BFF berwarna hijau di Facebook bukan berarti akun Anda aman. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.