Ponsel Mart Ingin Jadi Saluran Alternatif Belanja Smartphone

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 10 Nov 2017 21:46 WIB
smartphone
Ponsel Mart Ingin Jadi Saluran Alternatif Belanja Smartphone
?Ponsel Mart jadi saluran alternatif belanja smartphone

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran Ponsel Mart dinilai mampu memberikan saluran alternatif bagi konsumen dalam berbelanja ponsel. Pendapat serupa turut diutarakan oleh merek besar pendukung Ponsel Mart yang hadir pada pembukaan gerai pertamanya hari ini.

"Kehadiran Ponsel Mart jadi solusi alternatif bagi konsumen untuk membeli ponsel. Dengan jarak lebih dekat, sehingga lebih mendekatkan diri ke konsumen," ujar perwakilan SEIN, Galaxy Master dan Electronic Indonesia, Wahyu Ferdiansyah.

Menurut Wahyu, kehadiran Ponsel Mart dapat membantu mendorong daya beli konsumen, terutama di segmen menengah bawah. Pendapat tersebut juga diamini oleh masing-masing perwakilan dari merek Oppo, Vivo, dan Advan.

Sementara itu, disinggung soal persaingan dengan saluran online, masing-masing perwakilan merek besar tersebut mengaku tidak khawatir. Sebab hingga saat ini, baik Samsung, Advan, Oppo, dan Vivo menyebut kontribusi penjualan online belum sebesar penjualan offline.

Selain itu, keempat perwakilan merek besar di Indonesia tersebut lebih terfokus untuk menghadirkan pengalaman mencoba secara langsung bagi konsumen.

Menurut mereka, pengguna masih lebih tertarik untuk membeli ponsel secara langsung untuk mendapatkan pengalaman mencoba perangkat.

Ponsel Mart mengusung konsep penjualan serupa dengan sejumlah toko milik Samsung, Oppo maupun Vivo yang telah cukup banyak ditemukan di Indonesia. Ketiganya juga mengaku tidak khawatir terkait persaingan dan perebutan konsumen dengan Ponsel Mart. 

Baik Samsung, Oppo, dan Vivo meyakini bahwa masing-masing toko memiliki segmen konsumen dan pasar mereka. Vivo menyebut pelayanan yg dihadirkan masing-masing toko turut menentukan keputusan konsumen dalam memilih toko yang ditujunya, selain soal penawaran harga produk.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.