Pecah Rekor, Lazada Catat Penjualan 11.11 Rp1,6 Triliun

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 14 Nov 2017 16:30 WIB
lazadae-commerce
Pecah Rekor, Lazada Catat Penjualan 11.11 Rp1,6 Triliun
Lazada Indonesia buka acara Online Revolution pada 11 November. (Reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada Sabtu (11/11/2017) lalu, Lazada mencatat penjualan tertinggi. Lazada berhasil mencatat Gross Merchandise Value (GMV) lebih dari Rp1,6 triliun, naik 171 persen jika dibandingkan pada hari yang sama tahun lalu. Lazada Indonesia mencatat kenaikan GMV 7 kali lipat dari hari biasa. 

Bagi Lazada, tanggal 11 November merupakan awal dari Online Revolution, yang berlangsung hingga Hari Belanja Online Nasional pada 12 Desember bulan depan. Sementara itu, di Tiongkok, 11 November dikenal sebagai Singles' Day. 

Selama 11 November, Lazada mencatat bahwa ada lebih dari 6,5 juta barang yang dipesan oleh konsumennya di 6 negara Asia Tenggara.

Dalam pernyataan resminya, Lazada menyebutkan bahwa angka itu naik 191 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Salah satu produk favorit konsumen adalah ponsel, diikuti oleh popok dan fesyen wanita. 



Lazada merasa, salah satu alasan naiknya pembelian pada 11 November adalah karena semakin bertambahnya jumlah pengguna smartphone. Lazada menyebutkan, pada hari Sabtu lalu, sebanyak 70 persen pemesanan dilakukan melalui smartphone. Alasan lainnya adalah karena tingginya pertumbuhan kelas menengah. 

"Fokus kami di Indonesia adalah utnuk memberikan akses seluas-luasnya bagi para konsumen kami akan berbagai produk dengan diskon yang sebelumnya hanya tersedia di kota-kota besar saja," kata Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm.

Dia menjelaskan, melalui Fulfilment By Lazada (FBL), mereka langsung mengirimkan barang via gudang mereka. Tujuannya untuk memangkas waktu pengiriman. 

"Di Lazada Indonesia, 5 kategori favorit pada 11.11 adalah gadget, fesyen, produk digital seperti pulsa dan voucher, produk bayi dan mainan anak dan produk kecantikan," ujar Holm. Dia percaya, alasan meningkatnya kunjungan ke situs Lazada pada hari Online Revolution disebabkan oleh fasilitas dan inovasi yang mereka berikan. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.