Twitter Punya Fitur Baru, Bookmarks

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 01 Mar 2018 11:20 WIB
media sosialtwitter
Twitter Punya Fitur Baru, Bookmarks
Twitter mulai menggulirkan fitur Bookmarks kepada seluruh pengguna.

Jakarta: Twitter secara global meluncurkan fitur Bookmarks, memberikan pengguna cara baru untuk menyimpan unggahan yang disukai dan ingin dibaca ulang. Sebelumnya, hal ini hanya dapat dilakukan melalui fitur Like.

Berkat fitur ini, pengguna dapat menyimpan tweet tanpa perlu mengetuk ikon hati dan secara langsung terlibat dengan unggahan tersebut. Perbedaan lain yang disuguhkan Bookmarks yaitu kerahasiaan tweet yang disimpan. Tweet yang disimpan dengan Bookmarks hanya diketahui oleh pengguna.

Untuk menyimpan unggahan, pengguna dapat mengetuk atau mengklik ikon share baru di bagian bawah tweet. Ikon baru tersebut dapat ditemukan di lokasi yang sebelumnya menjadi tempat ikon DM. Bersamaan dengan debut resmi Bookmarks, Twitter memanfaatkan update ini untuk memindahkan sejumlah opsi berbagi ke lokasi lainnya.

Pengguna juga dapat berbagi tweet via pesan langsung atau Direct Message, berbagi via aplikasi selain Twitter atau menyimpannya via Bookmarks. Unggahan yang tersimpan di Bookmarks dapat diakses via menu geser utama.

Berbeda dengan tweet, Bookmark tidak memiliki kemampuan untuk dilihat secara publik oleh pengguna lain. Sehingga unggahan yang disimpan di Bookmarks tidak akan muncul pada lini masa pengikut pengguna. Twitter menyebut bahwa Bookmarks merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh penggunanya. Versi awal ini dikembangkan selama ajang Hack Week Twitter berlangsung.

Tampilan versi awal tersebut dilaporkan hampir selesai dan menerima perbaikan di masa mendatang, setelah resmi diluncurkan untuk seluruh pengguna. Bookmarks telah mulai digulirkan untuk aplikasi Twitter versi Android dan iOS, serta untuk versi situs mobile.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.