Pengguna iPhone Diminta Cicip Samsung Galaxy S8 dan Note 8

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 23 Nov 2017 10:17 WIB
teknologisamsung
Pengguna iPhone Diminta Cicip Samsung Galaxy S8 dan Note 8
Samsung Galaxy Note 8

Jakarta: Samsung sedang menjajakan program ujicoba Galaxy S8 dan Note 8 khusus untuk pengguna iPhone selama sebulan. Langkah ini diambil karena iPhone X laku keras saat dirilis di Korea Selatan.

Dikabarkan Phone Arena, program ini sudah berlangsung sejak 2 hari lalu, 21 November 2017. Selama kurun waktu tersebut Samsung akan berburu 10.000 pengguna iPhone demi menjajal kedua perangkat Samsung tadi.

Mereka yang terpilih nantinya bisa mengambil kedua ponsel ini pada awal Desember di Samsung Digital Plaza. Program ini juga tidak gratis, sebab konsumen harus memberikan uang jaminan dahulu.



Mereka yang terpilih dan bersedia diminta membayar uang sebesar USD45 (Rp600 ribu). Uang tersebut akan dikembalikan jika konsumen memilih menyimpan dan menggunakan perangkat Samsung. Mereka juga akan diberikan tambahan berupa speaker JBL Go gratis.

Tujuan program Samsung ini agar pengguna iPhone bisa merasakan sendiri pengalaman menggunakan perangkat Samsung Galaxy. Di sisi lain, banyak pihak sedikit meragukan reaksi positif dari konsumen.

iPhone X meluncur di Korea Selatan pada awal bulan ini. iPhone terbaru Apple tersebut langsung ludes hanya dalam waktu 3 menit seperti yang diakui oleh operator seluler SK Telecom.

Peristiwa tersebut serupa dengan tahun lalu, ketika iPhone 7 dijual. iPhone 7 membutuhkan waktu 20 menit untuk terjual habis. Analis menyebutkan setidaknya ada 150 ribu unit iPhone X yang disiapkan untuk pasar Korea Selatan saat itu.

Padahal, harga iPhone di Korea Selatan juga mengalami penaikan sama seperti di negara lain di luar Amerika Serikat. Jika iPhone X di negara asalnya dijual USD999 (Rp13,5 juta), di Korea Selatan perangkat ini malah dibanderol USD1.237 (Rp16,7 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.