Dihadiahkan iPhone, Pegawai Medsos Tiongkok Harus Buat 200 Laporan Konten Negatif

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 02 Oct 2017 09:59 WIB
teknologi
Dihadiahkan iPhone, Pegawai Medsos Tiongkok Harus Buat 200 Laporan Konten Negatif
Weibo memiliki jumlah pengguna aktif bulanan lebih besar dati Twitter, yaitu 340 juta berbanding 328 juta.

Metrotvnews.com: Media sosial Weibo di Tiongkok mendorong pegawainya untuk bekerja lebih rajin lagi, setelah pemerintah di negara tersebut menegur layanan mereka yang dianggap tidak memiliki pengawasan ketat terhadap konten yang membahayakan keamanan nasional.

Bukan hanya layanan media sosial dan teknologi asing yang kena tegur oleh pemerintah Tiongkok, kenyataannya Weibo sebagai salah stau media sosial terpopuler di negara tersebut juga merasakannya. Bulan Juni lalu, pemerintah mengenakan denda dan blokir sementara kepada Weibo karena menganggap layanan media streaming sangat rentan mebocorkan informasi yang mengancam keamanan negara.

Menyusul teguran tersebut, dikutip dari The Diplomat, Weibo baru saja merekrut 1.000 pegawai yang diposisikan sebagai supervisor atau pengawas dari layanan tersebut. Hal ini demi mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Beijing Office of Cyberspace Affairs terkait meminimalisir penyebaran konten negatif termasuk yang sensitif bagi negara, yaitu politik.

Pihak Weibo menyebutkan, para supervisor tersebut diberi bayaran sebesar USD30, dan diberikan status spesial untuk akun mereka di media sosial tersebut. Weibo juga menjanjikan hadiah berupa iPhone, laptop dan hadiah lainnya bagi mereka yang bisa membuat laporan terhadap konten negatif minimal sebanyak 200 laporan.

Belum jelas konten seperti apa yang akan disensor oleh pihak Weibo. Namun, terlepas dari konten negatif seperti sesuatu yang melanggar hukum di antaranya juga ada konten yang bermuatan politik. Pemerintah Tiongkok beranggapan bahwa medial sosial seperti Weibo adalah bentuk konten yang paling sulit diawasi.

Melalui situs Weibo, perusahan tersebut merilis beberapa prasayarat untuk menjadi supervisor di layanan mereka. Contohnya, identitas mereka harus sudah dipastikan oleh partai terbesar di negara tersebut, dan tidak akan memanfaatkan posisi dan tugas mereka untuk memeras orang lain atau berbalik melawan pemerintah.

Oleh sebab itu, timbul spekulasi bahwa tindakan pemerintah saat ini dalam rangka menjelang perhelatan 5 tahun sekali dari partai terbesar di Tiongkok.

Weibo memiliki jumlah pengguna aktif bulanan lebih besar Twitter yang menyediakan layanan serupa dan diblokir di Tiongkok. Pada bulan Mei disebutkan, Weibo memiliki 340 juta pengguna aktif bulanan, sementara Twitter hanya 328 juta.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.