Celah Google dan Media Sosial Berujung Propaganda

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 03 Oct 2017 19:44 WIB
media sosialpenembakan asfacebooktwittergoogle
Celah Google dan Media Sosial Berujung Propaganda
Penembakan di Las Vegas memakan korban paling banyak. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com: Tak lama setelah penembakan di Las Vegas terjadi, ribuan orang mencari informasi di media sosial untuk mengetahui kelanjutan investigasi dari penembakan dengan korban terbanyak di Amerika Serikat tersebut. Namun, banyak berita di bagian atas pada hasil pencarian merupakan berita tak terverifikasi. 

Membiarkan algoritma untuk menyortir konten internet dan kemudian membagikannya ke jutaan orang tampaknya bukanlah ide yang bagus.

Google dan perusahaan media sosial lainnya mengatakan, mereka terus berusaha untuk mengembangkan algoritma mereka sehingga dapat memberikan sumber berita yang berkualitas. Sayangnya, tragedi di Las Vegas ini menunjukkan bahwa pekerjaan rumah mereka masih sangat banyak.

Dalam fitur "Safety Check" dari Facebook, terdapat update dari blogger sayap kanan yang menuduh bahwa pelaku penembakan adalah "orang gila dari sayap kiri". Sementara berita teratas yang muncul mengandung video clickbait dari layanan agregator berita. Untungnya, ini akhirnya diganti dan berita teratas menampilkan berita dari media nasional dan lokal.

Facebook bukannya satu-satunya pihak yang mendistribusikan berita yang salah. Salah satu rumor yang beredar di 4chan, menyebutkan secara salah bahwa Geary Danley adalah pelaku penembakan, muncul sebagai berita paling atas di Google Widget

"Sayangnya, awal pagi ini, kami diberitahukan bahwa artikel 4chan yang tidak akurat muncul di hasil pencarian kami untuk beberapa kata kunci. Dalam beberapa jam, artikel 4chan telah digantikan oleh hasil yang relevan. Hal ini seharusnya tidak muncul dalam hasil pencarian, kami akan terus memperbaiki algoritma kami untuk mencegah hal ini terjadi di masa depan," ujar Google dalam pernyataan pada Bloomberg dan The New York Times.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /