Dapat Frekuensi Ekstra, Tri Janji Perbaiki Kualitas Layanan Internet

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 20 Apr 2018 17:04 WIB
telekomunikasitri
Dapat Frekuensi Ekstra, Tri Janji Perbaiki Kualitas Layanan Internet
Tri adalah salah satu pemenang hak lisensi frekuensi 2.100 MHz.

Jakarta: Operator-operator telekomunikasi telah selesai melakukan penataan ulang atau refarming dari frekuensi 2.100 MHz.

Hutchison 3 Indonesia (H3I), pengelola layanan telekomunikasi Tri, merupakan salah satu pemenang yang mendapatkan hak untuk menggunakan frekuensi tersebut. 

Tri mendapatkan tambahan frekuensi 5MHz. Mereka akan mulai menempati kanal satu, dua dan tiga pada mulai 1 Mei mendatang.

Pihak Tri menyebutkan, dengan mendapatkan frekuensi ekstra, Tri bisa memberikan layanan internet yang lebih baik, khususnya di kawasan yang warganya aktif menggunakan internet.

Tri mengatakan, frekuensi ekstra ini bisa digunakan untuk menambah kapasitas jaringan atau kecepatan layanan 4G hingga 50 persen. 

"Penambahan spektrum di 2100 Mhz merupakan hal yang paling penting bagi kami dalam menghadirkan layanan mobile internet. Kami siap untuk memberikan pengalaman berinternet yang lebih optimal di jaringan 4G LTE dan 3G, khususnya untuk daerah padat trafik seperti di kota-kota besar,” ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer H3I.

Saat ini, H3I memiliki lisensi untuk menggunakan 10MHz pada frekuensi 1.800MHz, yang mereka gunakan untuk 4G. Selain itu, mereka juga memunyai lisensi untuk menggunakan 10MHz pada 2.100 MHz, yang mereka gunakan untuk jaringan 3G. Sementara 5Mhz ekstra yang baru mereka dapatkan akan digunakan untuk jaringan 3G atau 4G. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.