Advan Pamer Pabrik, 15 Ribu Meter Persegi dengan 1.000 Pekerja

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 May 2018 16:25 WIB
advan
Advan Pamer Pabrik, 15 Ribu Meter Persegi dengan 1.000 Pekerja
Menteri Kominfo bersama petinggi Advan.

Jakarta: Advan memamerkan pabriknya di Semarang kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Pabrik yang terletak di Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki luas area sekitar 15 ribu meter persegi. 

Advan menyebutkan, ke depan, mereka ingin memperluas kawasan pabrik hingga menjadi sekitar tiga hektar, meski mereka belum menjelaskan secara detail kapan perluasan ini akan mereka realisasikan.

Saat ini, pabrik tersebut memiliki 16 lini produksi. Secara total, pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 30 ribu unit per hari. 

"Kami ingin menunjukkan kontribusi nyata perusahaan pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat di Semarang," kata Marketing Director Advan, Tjandra Lianto saat ditemui di pabrik Advan, Senin (28/5/2018).

"Pabrik kami menyerap tenaga kerja sekitar 1.000 orang."

Lebih lanjut, pria yang akrab dengan panggilan Tjandra ini menjelaskan bahwa setiap tahun, Advan berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

"Dari tahun ke tahun, kami mencoba memberi target untuk meningkatkan total produksi menjadi 10 pesen lebih tinggi," katanya. 

Tahun ini, Advan berencana meluncurkan 10 smartphone dan 10 tablet baru dengan fokus pada teknologi layar FullView, yaitu model layar dengan bezel tipis untuk memaksimalkan besar ukuran layar tanpa harus memperbesar bodi ponsel. 

Saat ditanya apakah Advan juga tertarik untuk menanamkan dua kamera pada ponsel yang mereka luncurkan di masa depan, Tjandra menyebutkan bahwa teknologi itu belum menjadi fokus dari Advan.

"Kalau ponsel dengan empat kamera menjadi tren, kami akan ikuti," katanya. 

Namun, selama ini, fungsi dari dua kamera pada ponsel adalah membuat efek Bokeh. Efek dengan latar belakang yang mengabur ini bisa dibuat menggunakan software bahkan jika ponsel hanya memiliki satu kamera.

Inilah alasan mengapa Advan belum akan fokus pada fitur kamera ganda. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.