Facebook Gunakan Nomor Ponsel Pengguna untuk Iklan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 29 Sep 2018 15:28 WIB
media sosialfacebook
Facebook Gunakan Nomor Ponsel Pengguna untuk Iklan
Ilustrasi.

Jakarta: Facebook mengonfirmasi bahwa mereka memang menggunakan nomor ponsel yang pengguna masukkan untuk mengamankan data mereka untuk menampilkan iklan. 

Nomor ponsel yang Facebook gunakan adalah nomor yang pengguna berikan untuk two factor authentication (2FA) teknik untuk memperkuat keamanan akun dengan menambahkan auntentikasi kedua, seperti yang disebutkan TechCrunch

Facebook mengakui hal ini setelah Gizmodo membuat artikel yang menjelaskan tentang penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di dua universitas di Amerika Serikat.

Dalam studi itu, para peneliti menyebutkan, mereka bisa membuktikan bahwa Facebook menggunakan informasi pribadi yang tidak diberikan oleh pengguna secara langsung untuk menampilkan iklan. 

Selama beberapa tahun belakangan, memang sudah ada dugaan -- walau tidak ada bukti --  bahwa Facebook menggunakan kontak pengguna untuk menampilkan iklan meski pengguna tidak memberikannya secara langsung.

Cara lain Facebook mendapatkan data pengguna misalnya ketika aplikasi Facebook bisa mengunggah data di kontak ponsel pengguna. 
 

Beberapa bulan lalu, Facebook mengatakan bahwa ketika para pengguna mendapatkan spam notifikasi dari Facebook ke nomor yang mereka daftarkan dalam 2FA, itu adalah bug.

"Hal yang paling kami tidak inginkan adalah pengguna enggan menggunakan fitur keamanan karena mereka takut mereka akan mendapatkan notifikasi yang tidak penting," kata Alex Stamos yang ketika itu masih menjabat sebagai CSO. 

Sekarang, Facebook mengonfirmasi bahwa mereka memang menggunakan nomor ponsel pengguna untuk kepentingan iklan.

"Kami menggunakan informasi yang diberikan pengguna untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan lebih baik di Facebook, termasuk terkait iklan. Kami dengan jelas menunjukkan cara kami menggunakan informasi yang kami kumpulkan, termasuk informasi kontak yang pengguna unggah atau tambahkan ke akun mereka," kata juru bicara Facebook. 

Dia juga menyebutkan, pengguna bisa memilih untuk menonaktifkan fitur ini dengan tidak menggunakan 2FA. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.