Computex 2018

AMD Pasang FreeSync di TV QLED Samsung

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 07 Jun 2018 20:28 WIB
samsungamdComputex 2018
AMD Pasang FreeSync di TV QLED Samsung
foto: Samsung TV

Taipei: AMD juga ambil bagian dalam ajang Computex 2018 Taipei yang berlangsung sejak kemarin di Taiwan. Salah satu pengumuman yang diberikan AMD bahwa teknologi tersebut kini bekerja sama dengan Samsung menyulap TV ukuran besar mereka menjadi monitor gaming.

AMD bersama Samsung menyatakan bahwa teknologi AMD Radeon FreeSync kini hadir pada rangkaian produk televisi Samsung QLED untuk ukuran 55 inci hingga 82 inci. Kolaborasi ini membuat televisi Samsung mampu menyajikan pengalaman gaming 4K ke format televisi ukuran besar.

Samsung menjadi perusahaan pertama yang menggunakan teknologi adaptive refresh terdepan Radeon FreeSync untuk pengalaman bermain game tanpa stutter pada set televisi kelas konsumer.

Dukungan High Dynamic Range (HDR) hingga 1.000 nits, kini layar TV Samsung QLED diklaim mampu memiliki refresh rate tinggi dengan latensi yang rendah layaknya monitor gaming.

Kolaborasi AMD dengan Samsung kali ini semakin memperluas langkah AMD menyediakan pengalaman gaming di luar platform PC lewat dukungan AMD Radeon FreeSync, di antaranya di konsol Microsoft Xbox One S dan Xbox One X pada bulan Maret yang lalu.

"Kami meluncurkan teknologi FreeSync dengan misi untuk mengakhiri tearing end frame dan drop frame, yang meningkatkan pengalaman bermain game bagi para gamers di seluruh dunia," ungkap VP & GM Radeon technologies Group AMD Scott Herkelman.

Teknologi AMD Radeon FreeSync untuk rangkaian TV Samsung QLED tahun 2018 tersedia untuk model QLED ukuran 55-82 inci dan seri-seri NU8000 atau NU8500 ukuran 55-82 inci. Pihak Samsung menyatakan bahwa bagi konsumen yang sudah memiliki televisi seri tersebut cukup mengunduh update firmware untuk mendapatkan dukungan teknologi AMD Radeon FreeSync.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.