Diam-Diam Apple Akui Masalah di Mikrofon iPhone 7 dan 7 Plus

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 06 May 2018 20:26 WIB
appleiphone
Diam-Diam Apple Akui Masalah di Mikrofon iPhone 7 dan 7 Plus
Tampilan iPhone saat melakukan panggilan.

Jakarta: Ada sebuah bocoran dokumen yang didistribusikan oleh Apple ke gerai resmi mereka minggu ini, bahwa ada beberapa iPhone 7 dan 7 Plus yang bermasalah.

Disebutkan bahwa permasalahan tersebut ditemukan pada komponen mikrofon yang digunakan untuk menangkap suara saat melakukan panggilan telepon atau video. Artinya, pengguna tidak bisa berbicara dengan lawan bicara saat menelpon atau video call.

MacRumors menuturkan bahwa permasalahan ini juga bisa terdeteksi dari tombol Speaker yang berwarna abu-abu saat melakukan panggilan, artinya iPhone tersebut memiliki masalah di mikrofon.

Sayangnya, mereka tidak menemukan informasi dari dokumen tersebut apakah perbaikan masalah ini akan gratis.

Pihak Apple di dalam dokumen yang bocor juga menjelaskan bahwa mereka belum mengetahui apakah permasalahan ini terletak pada software atau justru hardware. Sejauh ini Apple baru menemukan masalah tersebut di iPhone 7 dan 7 Plus dengan versi iOS 11.3 dan setelahnya.

Di dalamnya, Apple juga sudah menyediakan instruksi bagi tim teknis untuk mencoba atau memandu penggunanya memperbaiki masalah ini. Apabila tidak berhasil. iPhone yang bermasalah harus tetap dibawa ke gerai resmi Apple.

Pertama pengguna diminta menonaktifkan headset Bluetooth yang terhubung ke iPhone yang bermasalah. Apabila tombol speaker saat menerima panggilan telepon tetap berwarna abu-abu, maka lakukan langkah audio diagnostic di perangkat.

Saat iPhone tersebut tetap bermasalah, pihak Apple harus melakukan proses pemeriksaan dan perbaikan dari sisi hardware.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.