Android P Cegah Aplikasi Ambil Data via Mikrofon dan Kamera

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 May 2018 14:55 WIB
androidgoogle
Android P Cegah Aplikasi Ambil Data via Mikrofon dan Kamera
Android P cegah aplikasi ambil data dari mikrofon dan kamera. (Wikimedia Commons)

Jakarta: Ketika Anda memasang aplikasi baru, terkadang Anda harus memberikan izin agar aplikasi bisa mengakses lokasi, kamera dan mikrofon Anda. 

Memang, ini memungkinkan Anda memaksimalkan potensi dari aplikasi yang Anda pasang. Namun, ini juga membuka kesempatan pada aplikasi-aplikasi tersebut mengumpulkan data. Masalahnya, Anda tidak tahu kapan aplikasi mengumpulkan data Anda.

Dalam konferensi I/O, Google berkata pada para developer bahwa pengguna tidak lagi perlu khawatir datanya disalahgunakan oleh aplikasi berkat berbagai pembaruan pada Android P.

Product Manager Android Security Google, Xiaowen Xin berkata, "Anda tidak lagi bisa mengakses kamera, mikrofon atau sensor lain ketika aplikasi Anda berjalan di background."

Menurut CNET, ini adalah salah satu pembaruan terkait privasi dan keamanan pada Android P. Bersama dengan Head of Cybersecurity Dave Kleidermacher, Xin menjelaskan tentang update yang akan Google berikan pada Android, yang telah digunakan pada 84 persen smartphone di dunia per tahun lalu. 

Terkait update keamanan, tujuan dari pembaruan itu adalah untuk mengunci informasi Anda ketika ponsel ada dalam berbagai situasi, seperti ketika Anda kehilangan ponsel Anda atau saat Anda menyimpan informasi rahasia pada ponsel Anda. 

Dengan pembaruan ini, Kleidermacher berkata bahwa kini Android menjadi sama amannya dengan para pesaingnya, termasuk iOS buatan Apple. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.