Inilah ROG Phone, Ponsel Gaming Perdana ASUS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 04 Jun 2018 23:51 WIB
asus
Inilah ROG Phone, Ponsel Gaming Perdana ASUS
ROG Phone beserta Reroactive Cooler.

Taipei: Pasar game mobile semakin besar. ASUS ingin masuk ke dalamnya dengan meluncurkan smartphone gaming pertamanya, ROG Phone. Ada empat hal yang ASUS unggulkan dari ROG Phone yaitu performa mumpuni, sistem pendingin efisien, desain dan layar. 

ASUS menyebutkan bahwa ROG Phone ditujukan untuk para "hardcore mobile gamer" atau komunitas pecinta esport mobile, yang kini berkembang cepat.  

Dari segi spesifikasi, smartphone ini merupakan salah satu ponsel dengan spesifikasi terbaik. ASUS menggunakan Snapdragon 845 untuk ROG Phone. Berbeda dengan Snapdragon 845 yang ada pada ponsel premium lain, ASUS bekerja sama dengan Qualcomm untuk memilih prosesor yang digunakan pada ROG Phone.

Dengan begitu, prosesor dari ponsel ini bisa memiliki kecepatan 2,96GHz. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S9 memiliki prosesor octa core dengan kecepatan maksimal 2,8Ghz. 

Selain prosesor, ASUS juga memastikan bahwa ROG Phone memiliki RAM dan memori internal yang cukup. Ponsel gaming ini memiliki RAM 8GB dan memori internal 256GB.

ASUS mengklaim bahwa ROG Phone adalah ponsel dengan performa terbaik saat ini. Untuk membuktikan klaim mereka, mereka menunjukkan hasil benchmark dari ROG Phone. Anda bisa melihat hasi bencmark ROG Phone pada tabel di bawah ini. 



Bermain game -- terutama game yang "berat" sepertu PUBG -- memaksa ponsel untuk bekerja ekstra keras, yang biasanya berujung pada panas berlebih. Untuk memastikan ROG Phone tidak mengalami masalah panas, ASUS memasang sistem pendingin.

Seperti yang disebutkan oleh  Chih-Hao Kung, EMEA TPR Lead, ASUS, "Performa yang hebat membutuhkan sistem pendingin yang hebat." ASUS melengkapi ROG Phone dengan vapor-chamber cooling, yang dapat membuat ponsel tidak menjadi terlalu panas bahkan ketika ia digunakan untuk bermain terus menerus.

ASUS bahkan menyediakan aksesori pendingin khusus, yaitu Reroactive Cooler. Aksesori ini bisa dipasang pada bagian belakang ponsel dan merupakan bagian dari paket penjualan ROG Phone. "Reroactive Cooler akan disertakan dalam setiap ROG Phone," kata Kung. 

Terkait layar, ROG Phone memiliki layar yang dapat menghasilkan 108 persen DCI-P3 Wide color gamut. Selain itu, Kung menyebutkan, ROG Phone juga dilengkapi dengan chip khusus yang dapat mengubah game dengan SDR menjadi HDR.

ASUS juga mengklaim bahwa layar AMOLED yang digunakan pada ROG Phone merupakan "layar tercepat" dengan response time 1ms dan refresh rate 90 Hz. ROG Phone memiliki baterai 4.000 mAh yang disebutkan bisa digunakan untuk bermain game menggunakan WiFi hingga 7 jam. 

Menariknya, ukuran ROG Phone tidak jauh berbeda dari smartphone biasa. Di bawah ini, Anda bisa melihat gambar perbandingan antara ZenFone Max (kiri), ROG Phone (tengah), dan ZenFone 5 (kanan). 




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.