Q2 2017, Xiaomi Kembali Masuk 5 Besar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 03 Aug 2017 09:29 WIB
applesamsungxiaomihuaweiopposmartphone
Q2 2017, Xiaomi Kembali Masuk 5 Besar
Xiaomi Redmi 4A terbukti laku di India.

Metrotvnews.com: Pengiriman ponsel Samsung naik 2 persen pada kuartal 2 2017 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut Strategy Analytics.

Dengan mengirimkan 79,5 juta unit dari total 360 juta unit smartphone yang dikirimkan oleh semua vendor, Samsung berhasil mempertahankan diri sebagai vendor smartphone terbesar dunia. Mengingat perusahaan asal Korea Selatan itu telah menduduki posisi tersebut selama beberapa waktu, itu bukanlah kabar yang mengagetkan. 

Satu hal yang menarik adalah karena kuartal ini, Xiaomi berhasil memenangkan kembali posisi vendor smartphone terbesar ke-5, untuk pertama kalinya dalam satu tahun.

Seperti yang disebutkan oleh Engadget, belakangan, performa Xiaomi kurang baik meski pada awal kemunculannya, mereka menunjukkan perkembangan yang sangat cepat. Pada awal tahun ini, CEO Lei Jun memberitahu para pekerja Xiaomi via email bahwa perusahaan berkembang terlalu cepat sehingga mereka perlu melambatkan pertumbuhan dan menentukan kembali fokus mereka.

Tidak lama kemudian, Vice President Hugo Barra memutuskan untuk keluar dari Xiaomi dan kembali ke Silicon Valley. Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, penjualan Xiaomi terus naik dalam beberapa bulan belakangan.

Pengiriman tahunan mereka naik 58 persen, dan mereka berhasil merebut 6 persen pangsa pasar di industri smartphone dunia pada Q2. Smartphone kelas pemula, Redmi 4A sangat diminati oleh masyarakat India. 



Selain Xiaomi dan Samsung, vendor smartphone yang masuk dalam daftar pembuat smartphone terbesar dunia adalah Apple, yang masih ada di posisi kedua. Pengiriman ponsel mereka tahun ini naik 1 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, tapi mereka menjual lebih sedikit ponsel jika dibandingkan dengan kuartal lalu. 

Hal ini mungkin akan berubah setelah iPhone berikutnya diluncurkan. Namun, satu hal yang harus diingat adalah Samsung juga berencana untuk meluncurkan Galaxy Note 8 dalam waktu dekat. Sementara itu, Huawei berhasil mempertahankan posisinya di peringkat ke-3 dan mempertahankan gelarnya sebagai pembuat ponsel terbaik di Tiongkok. 

Di posisi ke-4, terdapat perusahaan asal Tiongkok lainnya, yaitu Oppo, yang berhasil merebut 8 persen pangsa pasar di pasar smartphone global. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /