Google Tingkatkan Akurasi Pencarian untuk iOS

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 02 Sep 2017 14:14 WIB
google
Google Tingkatkan Akurasi Pencarian untuk iOS
Google menghadirkan fitur Trending Searches pada update untuk aplikasi Google Search versi iOS.

Metrotvnews.com: Trending Search merupakan fitur baru yang dihadirkan Google pada aplikasi Google Search versi iOS, sebagai bagian dari update yang digulirkannya. Seperti nama yang diusungnya, Trending Searches akan menampilkan hasil pencarian yang menjadi tren di sekitar pengguna.

Aplikasi ini turut menampilkan jawaban terkait dengan informasi yang dicari oleh pengguna. Hal ini berarti, pengguna dapat mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan sebelum mengetuk bar pencarian. Trending Searches sebelumnya terlah tersedia pada aplikasi versi Android pada tahun lalu.

Namun, sejumlah pengguna menyampaikan keluhannya pada forum Google Search, menyebut konten yang disuguhkan fitur ini tidak terkait dengan informasi yang diinginkan pengguna. Hal ini mendorong Google menghadirkan opsi untuk menonatifkan fitur ini pada pengaturan aplikasi Google Search.

Sementara itu, versi baru dari aplikasi iOS Google Search juga dilengkapi dengan fitur Trending Searches dengan opsi non-aktif. Untuk membedakan hasil pencarian personal dengan informasi trending, Google menyematkan tanda panah biru di sebelah informasi yang menjadi trending.

Google mengklaim informasi yang disuguhkan fitur ini merupakan hasil penghimpunan informasi yang menjadi tren di sekitar pengguna. Phone Arena menyebut menemukan lebih banyak informasi berskala nasional pada hasil pencarian saat mencoba fitur baru tersebut. 
 
Salah satu fitur baru pada aplikasi Google Search versi iOS ini memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban yang tepat untuk pencarian yang dilakukan, meski pengguna menuliskan kalimat yang dicari dalam ejaan yang salah. Bagi pengguna perangkat iOS, pengguna akan segera dapat mengunduh dan menginstal update aplikasi Google Search.

Untuk saat ini, pengguna perangkat iOS baru dapat menemukan versi update 34 untuk aplikasi Google Search, pada toko aplikasi Apple, yaitu App Store. Hal tersebut mengindikasikan pengguna harus sedikit bersabar hingga Google resmi menggulirkan update tersebut ke perangkat.


(MMI)