7 Fitur iPhone X yang tak Dimiliki iPhone 8

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 13 Sep 2017 16:56 WIB
appleiphone
7 Fitur iPhone X yang tak Dimiliki iPhone 8
Apple iPhone X. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com: Apple meluncurkan 3 iPhone baru: iPhone X, smartphone paling premiumnya juga iPhone 8 dan 8 Plus, penerus dari iPhone 7 dan 7 Plus yang diluncurkan dari tahun lalu. Inilah beberapa teknologi yang ada pada iPhone X tapi tidak ada pada iPhone 8 dan 8 Plus, seperti yang dirangkum oleh CNET

1. Layar OLED dengan HDR
Ketiga iPhone baru yang Apple luncurkan memang sudah mendukung HDR10 dan Dolby Vision, tapi hanya iPhone X yang dilengkapi dengan layar true HDR. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan layar OLED dan bukannya LCD seperti yang digunakan pada iPhone 8 dan 8 Plus. Layar OLED pada iPhone X memiliki rasio kontras yang lebih tinggi. 

Sebagai perbandingan, iPhone X memiliki rasio kontras 1.000.000:1, sementara iPhone 8 Plus memiliki perbandingan 1.300:1 dan iPhone 8 memiliki rasio 1.400:1. Itu artinya, layar OLED yang Apple sebut Super Retina HD dapat menampilkan warna hitam yang lebih gelap. Hal ini bisa dicapai dengan mematikan pixel berwarna hitam, sementara pada layar LCD, pixel tersebut tetap menyala.

2. Baterai yang lebih awet
Kelebihan lain yang didapat iPhone X berkat layarnya adalah baterai yang lebih lama. Meskipun ponsel itu dipenuhi dengan teknologi baru, tapi baterainya dapat bertahan lebih lama dari iPhone 8. Seperti biasa, Apple tidak menyebutkan kapasitas baterainya. Namun, mereka menyebutkan, iPhone 8 dan 8 Plus memiliki daya tahan baterai seperti iPhone 7 dan 7 Plus. Sementara iPhone X dapat bertahan lebih lama dari iPhone 7. 



Apple menyebutkan, iPhone X dan iPhone 8 Plus dapat bertahan selama 21 jam waktu telepon, sementara iPhone 8 hanya bisa bertahan selama 14. Untuk penggunaan internet, iPhone 8 Plus bisa bertahan selama 13 jam sementara iPhone 8 dan iPhone X hanya bisa bertahan selama 12 jam. 

Namun, pengguna iPhone X bisa menggunakan beberapa trik untuk menghemat baterai. Trik ini bisa digunakan berkat layar OLED pada ponsel tersebut. Salah satu trik itu adalah menggunakan background berwarna hitam. 

3. Dual OIS
Ketiga iPhone dilengkapi dengan kamera belakang 12MP dan kamera depan 7MP. Namun, hanya iPhone 8 Plus dan iPhone X yang memiliki dua kamera belakang. Dua kamera belakang ini terdiri dari lensa wide-angle dan lensa telephoto. Apple menambahkan fitur ekstra untuk ponsel paling premiumnya. iPhone X memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kedua kameranya. Sementara iPhone 8 Plus hanya memiliki OIS pada kamera wide-angle. 

4. Face ID
Apple menghilangkan tombol Home serta Touch ID pada iPhone X. Sebagai gantinya, mereka menanamkan fitur Face ID. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka kunci ponsel dan melakukan auntentikasi pembelian dengan Apple Pay dengan wajah Anda. 



5. Mode Portrait untuk kamera depan
Kamera depan iPhone X juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh iPhone 8 dan 8 Plus. Salah satunya adalah Portrait Mode. Fitur ini bisa ditemukan pada kamera belakang iPhone 7 Plus, 8 Plus dan iPhone X. Namun, mode Portrait hanya bisa digunakan pada iPhone X berkat kamera True Depth miliknya. 

6. Mode Portrait Lighting pada kamera depan
Tidak hanya itu, Apple juga melengkapi kamera depan iPhone X dengan mode Portrait Lighting, fitur baru yang dapat memindai wajah Anda dan menghitung bagaimana pencahayaan akan memengaruhi wajah Anda sehingga ponsel akan menciptakan efek pencahayaan secara real-time. Fitur ini juga bisa ditanamkan pada iPhone X berkat kamera True Depth pada bagian depan. 

Fitur ini tidak hanya membuat Anda membuat background menjadi lebih blur saat mengambil foto selfie, tapi juga memilih pencahayaan berdasarkan situasi.

7. Animoji
Fitur ini hanya ada di iPhone X. Apple menjelaskan, kamera True Depth iPhone X akan dapat memindai dan menganalisa gerakan wajah pengguna dan menampilkan ekspresi tersebut ke dalam 12 Animoji atau animated emoji


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.