Samsung Siapkan Dana untuk Teknologi Kendaraan Mandiri

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 15 Sep 2017 11:01 WIB
samsung
Samsung Siapkan Dana untuk Teknologi Kendaraan Mandiri
Samsung menyiapkan dana untuk mendukung proyek pengembangan teknologi pada kendaraan.

Metrotvnews.com: Samsung menyiapkan dana investasi sebesar USD300 juta untuk pengembangan teknologi kendaraan nirsopir, guna mendukung proyek dengan tujuang untuk membantu mengurangi jumlah keterlibatan pengendara manusia. Pendanaan tersebut disebut dengan nama Samsung Automotive Innovation Fund.

Pendanaan ini tidak hanya terfokus pada sistem tanpa pengendara sepenuhnya, tapi juga pada Advanced Driver-Assistance (ADAS). Samsung menyebut pihak yang berpotensi dapat memanfaatkan pendanaan ini adalah tim pengembang machine vision, AI dan sensor cerdas.

Selain itu, Slash Gear juga mengumumkan area lain yang juga akan mendapatkan manfaat dari pendanaan ini adalah pengembang teknologi komputasi berperforma tinggi, solusi konektivitas, solusi keamanan berkelas otomotif, keamanan, dan privasi.

Tim pengembang pertama yang mendapatkan pendanaan dari Samsung ini adalah TTTech, dengan jumlah pendanaan dilaporkan sebesar EUR75 juta atau sekitar USD87 juta (Rp). Pendanaan ini diberikan guna membantu tim mengembangkan platform hardware modular yang digunakan di ADAS dan sistem keamanan otonom Samsung.

TTTech dilaporkan telah bekerja sama dengan Volkwagen Group, dan akan menyediakan platform kendali terpilot zFAS, yang akan dihadirkan pada sistem otonom Level 3 Audi A8 2019. Platform ini memungkinkan sedan mewah tersebut untuk mengemudi dengan sendirinya, serta mengendalikan kecepatan dan rem, pada kondisi lalu lintas padat berkecepatan rendah.

Kesediaan pendanaan ini mengindikasikan keseriusan Samsung pada ranah teknologi kendaraan, yang juga didorong oleh keputusannya mengakuisisi Harman pada awal tahun 2017 serta kepemilikan saham dalam jumlah kecil pada Renault.


(MMI)