Samsung Siapkan Dana untuk Teknologi Kendaraan Mandiri

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 15 Sep 2017 11:01 WIB
samsung
Samsung Siapkan Dana untuk Teknologi Kendaraan Mandiri
Samsung menyiapkan dana untuk mendukung proyek pengembangan teknologi pada kendaraan.

Metrotvnews.com: Samsung menyiapkan dana investasi sebesar USD300 juta untuk pengembangan teknologi kendaraan nirsopir, guna mendukung proyek dengan tujuang untuk membantu mengurangi jumlah keterlibatan pengendara manusia. Pendanaan tersebut disebut dengan nama Samsung Automotive Innovation Fund.

Pendanaan ini tidak hanya terfokus pada sistem tanpa pengendara sepenuhnya, tapi juga pada Advanced Driver-Assistance (ADAS). Samsung menyebut pihak yang berpotensi dapat memanfaatkan pendanaan ini adalah tim pengembang machine vision, AI dan sensor cerdas.

Selain itu, Slash Gear juga mengumumkan area lain yang juga akan mendapatkan manfaat dari pendanaan ini adalah pengembang teknologi komputasi berperforma tinggi, solusi konektivitas, solusi keamanan berkelas otomotif, keamanan, dan privasi.

Tim pengembang pertama yang mendapatkan pendanaan dari Samsung ini adalah TTTech, dengan jumlah pendanaan dilaporkan sebesar EUR75 juta atau sekitar USD87 juta (Rp). Pendanaan ini diberikan guna membantu tim mengembangkan platform hardware modular yang digunakan di ADAS dan sistem keamanan otonom Samsung.

TTTech dilaporkan telah bekerja sama dengan Volkwagen Group, dan akan menyediakan platform kendali terpilot zFAS, yang akan dihadirkan pada sistem otonom Level 3 Audi A8 2019. Platform ini memungkinkan sedan mewah tersebut untuk mengemudi dengan sendirinya, serta mengendalikan kecepatan dan rem, pada kondisi lalu lintas padat berkecepatan rendah.

Kesediaan pendanaan ini mengindikasikan keseriusan Samsung pada ranah teknologi kendaraan, yang juga didorong oleh keputusannya mengakuisisi Harman pada awal tahun 2017 serta kepemilikan saham dalam jumlah kecil pada Renault.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.