SoftBank Mau Suntik Rp132 Triliun ke Uber, Asal...

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 15 Sep 2017 13:54 WIB
uber
SoftBank Mau Suntik Rp132 Triliun ke Uber, Asal...
Uber bisa mendapatkan investasi besar dari SoftBank. (AP Photo/Seth Wenig, File)

Metrotvnews.com: SoftBank tengah berdiskusi dengan Uber terkait rencana mereka menanamkan investasi sebesar USD10 miliar (Rp132 triliun). 

Investasi ini akan membuat SoftBank menguasai 22 persen saham dari perusahaan transportasi berbasis aplikasi tersebut jika perusahaan asal Jepang itu memutuskan untuk menanamkan dana dengan membeli saham langsung dari perusahaan dan dari pemegang saham lain. 

Menurut laporan Business Insider, Uber kini memiliki valuasi USD69 miliar (Rp914 triliun). SoftBank berusaha meyakinkan para pemegang saham untuk membiarkan mereka membeli saham dengan proses lelang, yang akan memungkinkan SoftBank membeli saham Uber dengan harga diskon dan membuat Uber ada pada valuasi USD50 miliar (Rp662 triliun). 

SoftBank menolak untuk berkomentar, sementara Uber tidak segera membalas permintaan komentar. Diskusi investasi ini muncul ketika Uber berusaha untuk melalui tahun sulit yang penuh dengan kontroversi dan skandal yang berakhir pada co-founder Travis Kalanick turun dari jabatannya sebagai CEO pada bulan Juni lalu.

Bulan lalu, Uber akhir mempekerjakan CEO Expedia Dara Khosrowshahi untuk mengisi jabatan CEO yang telah ditinggalkan oleh Kalanick. 

Seolah itu tidak cukup buruk, para investor Uber juga saling bertarung dengan satu sama lain. Benchmark Capital, salah satu investor terbesar Uber menuntut Kalanick pada bulan Agustus, menuduh bahwa Kalanick berusaha untuk mendapatkan kursi di dewan dengan cara curang. 

Perjanjian dengan SoftBank bisa menjadi keputusan besar pertama yang dibuat oleh Khosrowshahi, meski diskusi dengan SoftBank telah dimulai bahkan sebelum dia diangkat menjadi CEO. 


(MMI)

Video /