Inno3D Cabut Garansi Jika Kartu Grafisnya Dipakai Menambang

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 27 Aug 2017 17:10 WIB
teknologi
Inno3D Cabut Garansi Jika Kartu Grafisnya Dipakai Menambang
Stiker peringatan dari Inno3D difoto oleh pengguna Reddit (foto: Reddit)

Metrotvnews.com: Sepertinya ada satu produsen kartu grafis yang memang tidak suka jika produknya digunakan untuk menambang mata uang digital.

Produsen yang dimaksud adalah Inno3D yang baru-baru ini diketahui mengeluarkan pernyataan tidak akan memberikan garansi jika kartu grafis gaming-nya digunakan untuk menambang mata uang digital (cryptocurrency mining).

Hal tersebut ditemukan oleh salah satu pengguna Reddit yang baru saja membeli kartu grafis iChill GeForce GTX 1060 6GB X3 V2. Di kotaknya ternyata terdapat stiker khusus yang menyatakan garansi kartu grafis tersebut bisa tidak berlaku bila digunakan untuk kegiatan mining.

"Produk ini tidak didesain untuk cryptocurrency mining. Kami memiliki hak untuk menolak garansi jika terindikasi kerusakan akibat digunakan untuk kegiatan tersebut," tulis pihak Inno3D di kotak kartu grafisnya.

Menurut PC GAMER, Inno3D tampaknya memang tidak ingin kartu grafisnya digunakan oleh para miner atau penambang mata uang digital. Sebagai mana yang telah diketahui, aksi menambang digital besar-besaran yang terjadi akhir-akhir ini telah membuat stok kartu grafis di pasar menurun drastis. Bahkan jika ada, harganya bisa mencapai dua kali lipat harga semula. Tentu saja hal tersebut membuat banyak gamer geram.

Langkah yang diambil Inno3D kali ini agak berbeda dengan produsen hardware lainnya. ASUS dan ASRock justru merilis hardware khusus untuk para penambang. Sementara AMD dan NVIDIA sudah merilis kartu grafis yang memang sudah dirancang khusus untuk mining.


(MMI)