Advantech Ingin Dukung Tren IoT di Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 09 Aug 2017 09:45 WIB
taitra
Advantech Ingin Dukung Tren IoT di Indonesia
Advantech ingin terus mendukung tren IoT yang dinilai memiliki potensi untuk terus berkembang di masa mendatang.

Metrotvnews.com, Jakarta: Teknologi Internet of Things kian banyak dimanfaatkan oleh berbagai bidang guna menghadirkan kemudahan dan efisiensi lebih baik untuk operasionalisasi. Hal ini mendorongnya menjadi tren yang kian mendapat perhatian dan diminati oleh pelaku berbagai industri.

Hal ini juga diamati oleh Advantech, yang menyatakan rencananya untuk mendukung tren IoT tersebut. Menurut IIOT Sector Head Advantech, Ramdhani Gumilar, saat ini terdapat sejumlah sub-tren yang tengah berkembang di tren Internet of Things (IoT) tersebut.

"Sekarang yang sedang tren adalah Industry 4.0 dan Smart City. Ini sesuai dengan produk Advantech dengan industrial grade. Sejalan dengan infrastruktur di Indonesia, Advantech fokus di iFactory, transportasi dan power energy," ujarnya saat ditemui di acara Taiwan Excellence Pavilion IoT Business Platform.

Disinggung soal kebutuhan IoT di Indonesia, Ramdhani memperkirakannya akan terus berkembang. Sebab tren IoT ini juga telah mendapatkan dukungan dari pemerintah, yang turut menyerukan imbauan untuk beralih ke digitalisasi.

Selain itu, Advantech juga melihat Indonesia bagian timur sebagai wilayah dengan potensi besar, terkait dengan perkembangan dan pemanfaatan teknologi IoT. Besarnya potensi tersebut, diperkirakan Ramdhani, memungkinkan wilayah Indonesia timur berkembang seperti ibukota Indonesia, yaitu Jakarta.

Sementara itu, Advantech juga menilai saat ini tingkat adopsi teknologi IoT terdapat pada industri manufaktur atau pabrik. Hal ini, jelas Ramdhani, karena sebagian besar pabrik di Indonesia tidak mendesain produk dengan sesuai dengan rancangan mereka sendiri, melainkan berdasarkan permintaan dari kantor pusat.

Hal ini menyulitkan penerapan teknologi IoT, sebab pabrik harus meminta izin terlebih dahulu ke kantor pusat. Namun sejumlah pabrik besar, lanjut Ramdhani, telah mulai berinvestasi dan mengadopsi teknologi IoT sejak tahun lalu.

Sambutan teknologi IoT yang ditawarkan Advantech juga ditunjukan oleh pemerintah Indonesia. Menurut Ramdhani, sejumlah instansi pemerintah menggunakan dukungan hardware karya perusahaannya, namun memilih untuk software yang digunakannya serta melakukan aktivitas pengawasan mereka sendiri. Hal serupa disebut Ramdhani,  juga dapat dilakukan oleh pabrik.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

2 days Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /