Apple Tuntut Qualcomm

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 21 Jan 2017 14:37 WIB
applequalcomm
Apple Tuntut Qualcomm
Apple tuntut Qualcomm karena dianggap meminta royalti yang tidak wajar. (AFP PHOTO / GABRIELLE LURIE)

Metrotvnews.com: Apple menuntut Qualcomm senilai USD1 miliar. Perusahaan asal Cupertino itu mengklaim bahwa selama bertahun-tahun, perusahaan pembuat chip itu telah secara tidak adil memaksa membayar teknologi yang tidak ada hubungannya dengan mereka.

Minggu ini tampaknya menjadi minggu yang buruk untuk Qualcomm, seperti yang disebutkan Engadget. Beberapa hari lalu, Komisi Dagang Federal (FTC) juga menuntut Qualcomm atas tuduhan praktek monopoli dan taktik eksklusivitas dalam pasar prosesor baseband mobile, yang merupakan chip dibalik konektivitas jaringan pada perangkat mobile. Tuntutan Apple mengikuti klaim dari FTC ini.

Apple mengklaim bahwa Qualcomm menuntut bayaran 5 kali lipat lebih besar dari total bayaran yang diminta oleh semua pemberi lisensi yang Apple gunakan.

Apple juga menyebutkan, Qualcomm menahan pembayaran sebesar hampir USD1 miliar ketika Apple bekerja sama dengan pihak berwajib Korea Selatan ketika mereka menyelidiki tentang praktek dagang tidak adil yang dilakukan oleh Qualcomm.

Saat ini, masalah praktek dagang yang tidak adil inilah yang juga menjadi alasan FTC dan Apple menuntut Qualcomm. Pada bulan Desember, regulator Korea Selatan memberikan denda pada Qualcomm senilai USD854 juta karena menyalahgunakan posisi dominannya di pasar prosesor smartphone membuat para vendor perangkat mobile membayar royalti tinggi pada merkea. 

"Kami sangat kecewa dengan cara Qualcomm melakukan bisnis dengan kami dan sayangnya, setelah bertahun-tahun adanya perselisihan tentang pembayaran royalti yang wajar, kami tidak punya pilihan lain selain membawa masalah ini ke pnegadilan," kata Apple pada CNBC.

Sayangnya, Qualcomm belum menjawab ketika diminta untuk berkomentar tentang hal ini.


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

3 days Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /