Venture Capital akan Terus Rambah Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 16 Nov 2016 16:12 WIB
startup
Venture Capital akan Terus Rambah Indonesia
CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran venture capital diperkirakan akan terus merambah Indonesia pada tahun 2017. Hal ini disampaikan oleh CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro dalam acara Tech In Asia Jakarta 2016.

"Indonesia masih sangat menjanjikan, karena pasar Indonesia sangat besar. Tapi  pelaku industri juga perlu mencermati tren yang ada di masyarakat, secara global dan lokal," ujar Danu.

Danu juga menyebut, pada tahun 2017 mendatang akan ada sejumlah bidang yang dinilai sebagai bidang paling menarik bagi pelaku venture capital. Dua di antaranya adalah Fintech dan Data Analytics, yang dinilai masih menjadi hal baru untuk Indonesia.

Namun, untuk bidang Fintech, Danu juga menyebut ranah ini sangat bergantung pada kemampuan manajemen yang baik. Sehingga hal ini mengharuskan pelaku industri ini untuk benar-benar memahami ranah finansial dan teknologi dengan baik, atau bekerja sama dengan pihak lain yang memahaminya.

Sementara itu, pada tahun 2017, kucuran investasi yang akan masuk ke Indonesia akan berjumlah besar. Namun kucuran tersebut diprediksi akan didominasi oleh pelaku usaha ternama, sehingga menimbulkan jarak besar terkait investasi di antara pengusaha di Indonesia.

Untuk meminimalisir jarak tersebut, Danu menyebut kolaborasi antara startup kecil dengan visi dan misi yang sama dapat menjadi solusi. Menurutnya, tahun 2017 menjadi tahun yang tepat untuk mulai menerapkan solusi tersebut guna mendorong pertumbuhan industri ini di Indonesia.

Tidak hanya di ranah e-commerce, lanjut Danu, konsolidasi juga dapat dilakukan oleh media dan periklanan. Konsolidasi tersebut dinilai akan dapat membantu startup di kedua ranah tersebut, yang dinilai kurang dapat bertumbuh.

Pertumbuhan startup di kedua ranah tersebut, sebut Danu, merupakan dampak dari kehadiran fitur serupa dari sejumlah perusahaan besar di industri teknologi, termasuk Google dan Facebook.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /