Venture Capital akan Terus Rambah Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 16 Nov 2016 16:12 WIB
startup
Venture Capital akan Terus Rambah Indonesia
CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran venture capital diperkirakan akan terus merambah Indonesia pada tahun 2017. Hal ini disampaikan oleh CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro dalam acara Tech In Asia Jakarta 2016.

"Indonesia masih sangat menjanjikan, karena pasar Indonesia sangat besar. Tapi  pelaku industri juga perlu mencermati tren yang ada di masyarakat, secara global dan lokal," ujar Danu.

Danu juga menyebut, pada tahun 2017 mendatang akan ada sejumlah bidang yang dinilai sebagai bidang paling menarik bagi pelaku venture capital. Dua di antaranya adalah Fintech dan Data Analytics, yang dinilai masih menjadi hal baru untuk Indonesia.

Namun, untuk bidang Fintech, Danu juga menyebut ranah ini sangat bergantung pada kemampuan manajemen yang baik. Sehingga hal ini mengharuskan pelaku industri ini untuk benar-benar memahami ranah finansial dan teknologi dengan baik, atau bekerja sama dengan pihak lain yang memahaminya.

Sementara itu, pada tahun 2017, kucuran investasi yang akan masuk ke Indonesia akan berjumlah besar. Namun kucuran tersebut diprediksi akan didominasi oleh pelaku usaha ternama, sehingga menimbulkan jarak besar terkait investasi di antara pengusaha di Indonesia.

Untuk meminimalisir jarak tersebut, Danu menyebut kolaborasi antara startup kecil dengan visi dan misi yang sama dapat menjadi solusi. Menurutnya, tahun 2017 menjadi tahun yang tepat untuk mulai menerapkan solusi tersebut guna mendorong pertumbuhan industri ini di Indonesia.

Tidak hanya di ranah e-commerce, lanjut Danu, konsolidasi juga dapat dilakukan oleh media dan periklanan. Konsolidasi tersebut dinilai akan dapat membantu startup di kedua ranah tersebut, yang dinilai kurang dapat bertumbuh.

Pertumbuhan startup di kedua ranah tersebut, sebut Danu, merupakan dampak dari kehadiran fitur serupa dari sejumlah perusahaan besar di industri teknologi, termasuk Google dan Facebook.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

2 days Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.