Otomatisasi Mulai Rambah Sektor Perbankan

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 11 Mar 2017 13:14 WIB
teknologi
Otomatisasi Mulai Rambah Sektor Perbankan
AI akan gantikan berbagai lapangan pekerjaan

Metrotvnews.com: Revousi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memang telah diprediksi akan membuat beberapa pekerjaan menjadi terancam tergantikan oleh mesin. Akuntan dan bidang keuangan misalnya.

Baru-baru ini JP Morgan Chase & Co yang merupakan bank terbesar di Amerika Serikat baru saja mengumumkan akan melanjutkan menggunakan sistim AI di bagian finansialnya.

Menurut Futurism, keputusan JP Morgan kali ini bukan tanpa alasan yang sangat kuat. Bank yang memiliki lebih dari 240 ribu karyawan dan jutaan nasabah tersebut harus mengerjakan pekerjaan finansial selama 360.000 jam per tahunnya. Setelah menggunakan sistim AI, JP Morgan pun bisa memangkas pekerjaan tersebut hanya dalam hitungan detik.

Tentu saja hasil tersebut akan menguntungkan JP Morgan dari sehi bisnis karena pekerjaan yang panjang bisa dipangkas waktunya menjadi sangat cepat menggunakan metode machine learning yang merupakan bagian dari sistim AI. Namun efek sampingnya, beberapa karyawan finansial JP Morgan akan tergantikan oleh mesin.



Meski demikian, JP Morgan justru malah mengembangkan sistim otomatisasi di perusahaannya. Tahun lalu, JP Morgan menetapkan anggaran sebesar USD9,6 miliar (sekitar Rp128 triliun) hanya untuk mengembangkan sistem otomatisasi di dalam perusahaannya. Dalam presentasi tahunannya, pihak JP Morgan mengatakan investasi tersebut berdampak positif pada perkembangan bisnisnya.

Dalam beberapa tahun mendatang, pekerjaan yang akan diambil alih oleh mesin akan semakin banyak. Berbagai sektor termasuk finansial, transportasi, manufaktur, informasi dan teknologi, bahkan hukum memiliki potensi untuk dilakukannya otomatisasi.

Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi komputasi yang sangat cepat sehingga membuat revolusi AI semakin kencang.

Otomatisasi diperkirakan akan menghadirkan revolusi di berbagai bidang pekerjaan dan revolusi tersebut telah dimulai. JP Morgan adalah salah satu contoh kasusnya.


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

1 week Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /