Jerman Khawatir Berita Palsu Pengaruhi Pemilu Tahun Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 26 Nov 2016 12:45 WIB
media sosial
Jerman Khawatir Berita Palsu Pengaruhi Pemilu Tahun Depan
Menteri Kehakiman Jerman merasa, Facebook seharusnya dianggap sebagai perusahaan media. (AP Photo / Jeff Chiu, File)

Metrotvnews.com: Minggu ini, Kanselir Jerman, Angela Merkel memperingatkan kemungkinan berita palsu dan bot mempengaruhi pemilu nasional Jerman tahun depan. Pengumuman ini dia buat beberapa hari setelah dia mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai kanselir Jerman untuk keempat kalinya.

Dalam sebuah pidato pada hari Rabu, Merkel berkata, berita palsu dan bot telah "memanipulasi" pendapat masyarakat online. Dia menambahkan, para regulator harus "menghadapi fenomena ini dan jika perlu, mengaturnya", lapor AFP.

"Sesuatu telah berubah -- seiring dengan globalisasi, debat politik kini dilakukan di lingkungan media yang sama sekali baru. Opini tidak lagi dibentuk dengan cara yang sama 25 tahun lalu," kata Merkel.

"Hari ini, ada situs palsu, bot, troll -- hal-hal yang muncul dengan sendirinya, memperkuat opini dengan algoritma tertentu, dan kita harus belajar cara menghadapi ini."

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, kemenangan Donald Trump pada pemilu kali ini telah mendorong munculnya debat akan pengaruh berita palsu dalam pemilu AS. Beberapa kritikus berkata, Facebook dan Twitter seharusnya dapat membatasi jumlah berita palsu yang muncul di platform mereka.

Bulan ini, baik Facebook dan Google mengumumkan bahwa mereka akan melarang situs berita palsu masuk ke dalam jaringan iklan mereka. Sementara minggu lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menjelaskan langkah-langkah yang diambil Facebook untuk mencegah penyebaran berita palsu.

Selama satu tahun terakhir, Jerman sendiri telah memberikan kritik tajam pada Facebook karena gagal mengendalikan adanya ujaran kebencian atau hate speech yang muncul pada media sosialnya.

Minggu lalu, Menteri Kehakiman Jerman, Heiko Maas berkata, Facebook seharusnya diperlakukan layaknya perusahaan media, yang berarti, mereka seharusnya bertanggung jawab atas konten yang diunggah ke platform mereka.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /