Lagi, Kantor Samsung Digerebek

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 Nov 2016 17:56 WIB
samsung
Lagi, Kantor Samsung Digerebek
Kantor Samsung kembali digeledah. (AP Photo/Ahn Young-joon, File)

Metrotvnews.com: Untuk kedua kalinya, kantor Samsung digerebek karena dugaan bahwa menyogok ke teman dekat dari Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye untuk mendapatkan persetujuan atas merger kontroversial tahun lalu.

Para penuntut menggerebek kantor Samsung di Future Strategy Office yang terletak di gedung Samsung Electronics di Seoul. Ini adalah kali kedua Samsung menjadi target penyelidik. Sebelumnya, kantor Samsung digerebek pada tanggal 8 November.

Samsung diduga menyogok Choi Soon-shil, teman dekat sang presiden, yang telah dipenjara karena dia memeras perusahan-perusahaan besar dan mempengarungi jalannya urusan negara, menurut laporan ZDNet.

Presiden Park juga kena tuntut, tapi dia menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan ini. Dia diduga bertemu dengan para pemimpin perusahaan besar Korea Selatan, termasuk Samsung, untuk memeras mereka.

Beberapa eksekutif senior Samsung telah dipanggil pihak penuntut dalam investigasi ini.

Penggerebekan kedua ini bertujuan untuk mencari bukti apakah Samsung berusaha untuk memanfaatkan kekuasaan Choi untuk mendapatkan persetujuan dana pensiun nasional, yang memegang saham Samsung C&T dalam jumlah besar, untuk melakukan merger dengan Cheil Industries tahun lalu.

Merger ini akhirnya disetujui dan Samsung berhasil mengalahkan Elliott Associates dari Amerika Serikat. Samsung C&T yang  baru dibentuk kini menjadi perusahaan induk Samsung Group dan menguasai saham Samsung Electronics.

Merger ini dianggap sebagai cara keluarga Lee untuk menguatkan kendali mereka pada perusahaan raksasa elektronik itu.

Para penyelidik juga melakukan investigasi untuk mencari tahu apakah ada usaha terencana dari Samsung untuk menyogok Choi untuk memanfaatkan pengaruhnya. Sayangnya, Samsung menolak untuk berkomentar tentang hal ini.


(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

2 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /