Ilmuwan Perkirakan Bumi Pernah Bertabrakan dengan Planet Lain

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 25 Nov 2016 13:25 WIB
antariksa
Ilmuwan Perkirakan Bumi Pernah Bertabrakan dengan Planet Lain
Ilustrasi: William K. Hartmann

Metrotvnews.com: Misteri terbentuknya planet Bumi memang masih menjadi teka-teki besar bagi para ilmuwan.

Meski demikian, berbagai teori baru terus bermunculan hingga saat ini. Salah satu teori yang baru saja dipublikasikan mengatakan Bumi saat ini sebenarnya merupakan produk hasil tabrakan antara dua planet.

Menurut Popular Science, teori yang baru saja dipublikasikan di Sciencemag mengatakan planet Bumi pernah bertabrakan dengan sebuah planet bernama Theia.

Keduanya bertabrakan sangat keras sehingga materialnya saling menyatu. Tidak hanya itu, sebagian material Bumi dan Theia dikatakan telah membentuk Bulan yang merupakan satu-satunya satelit alami Bumi.

Ini merupakan pengembangan dari teori yang telah ada sejak tahun 1700-an, yang sebelumnya dikatakan Bumi dan Theia bertabrakan, dan Theia akhirnya hancur dan membentuk Bulan. Namun, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, Theia diketahui tidak menjadi Bulan.

Temuan ini muncul setelah ilmuwan meneliti batuan yang ada di Bulan dan membandingkannya dengan di Bumi. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui batuan di Bulan memiliki isotop material yang sama dengan batuan di Bumi. Ini membuktikan Bulan merupakan bagian dari Bumi.

Sebuah teori juga mengatakan Theia awalnya merupakan planet kembaran Bumi. Namun keduanya akhirnya saling bertabrakan dan membentuk sebuah planet baru dengan satu satelit alami, yaitu Bumi dan Bulan.

Tentu saja semua itu masih merupakan teori, tetapi para ilmuwan saat ini terus melakukan penelitian untuk mengungkap misteri tersebut.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /