ASUS ZenBook Baru Masuk Indonesia Bulan Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 19 Dec 2018 09:34 WIB
asus
ASUS ZenBook Baru Masuk Indonesia Bulan Depan
ASUS ZenBook UX433.

Jakarta: ASUS akan memperkenalkan tiga ZenBook baru pada pertengahan Januari mendatang. Ketiga laptop itu adalah UX333, UX433, dan UX533. Perusahaan asal Taiwan itu mengklaim bahwa ZenBook barunya itu akan menjadi laptop paling ringkas di dunia. 

ZenBoook UX333 memiliki layar 13 inci dengan rasio layar dan bodi hingga 95 persen. Sementara UX433 memiliki layar yang sedikit lebih besar, yaitu 14 inci.

ASUS menyebutkan bahwa UX433 memiliki luas yang sama dengan ukuran kertas A4 sementara UX333 bahkan lebih kecil dari kertas A4.

Menariknya, keduanya memiliki bobot yang sama, yaitu 1,09 kilogram. UX533 memiliki layar paling besar dengan ukuran layar 15,6 inci dengan tebal 17,9 mm dan bobot 1,59 kilogram. 



Dalam acara yang diadakan di Plantaran Menteng, Notebook Country Product Manager ASUS, Jonas Chen menjelaskan bahwa lini ZenBook adalah seri yang menyeimbangkan performa yang mumpuni dan desain yang cantik.

Untuk tiga ZenBook terbaru yang akan diluncurkan bulan depan ini, ASUS menawarkan prosesor Intel generasi ke-8, baik Core i5 dan i7. Sementara untuk storage, ASUS menyediakan opsi SSD dengan kapasitas hingga 512GB. 

Untuk masalah desain, salah satu fitur yang Chen unggulkan adalah ErgoLift. Fitur ini membuat bagian keyboard laptop menjadi sedikit mengangkat -- dengan sudut 3 derajat.

Dia mengatakan, hal ini akan membuat pengguna merasa lebih nyaman ketika mengetik dan ini akan bisa meningkatkan produktivitas. Tidak heran, sasaran ASUS dengan tiga ZenBook barunya adalah para profesional, termasuk desainer. 

"Tim kami terus melakukan pengujian untuk mencari tahu sudut terbaik bagi tubuh manusia untukmenggunakan keyboard," kata Chen.

Selain berfungsi untuk membuat pengguna lebih nyaman ketika mengetik, ErgoLift juga berfungsi untuk memaksimalkan sistem pendingin dalam laptop serta sistem audio. 

Meskipun tiga ZenBook baru ini memiliki tebal yang tidak lebih dari 2cm, ia sudah dilengkapi dengan discrete graphic cards. ASUS meyediakan dua opsi discrete VGA, yaitu NV MX150 atau GTX 1050 (Max-Q). 



Untuk varian 13 inci dan 14 inci, ASUS juga menyediakan opsi NumberPad. Sedikit berbeda dengan ScreenPad pada ZenBook Pro 15 UX580, NumberPad pada seri ZenBook UX ini hanya dapat menampilkan tombol angka. Sekali lagi, tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas pengguna, terutama mereka yang sering menggunakan kalkulator atau Excel. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.