Inikah Smartphone Android Go Pertama Motorola?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 18 Jun 2018 17:32 WIB
motorolaandroid
Inikah Smartphone Android Go Pertama Motorola?
Smartphone Motorola seri C.

Jakarta: Kehadiran ekosistem Android Go menjadi modal bagi vendor untuk merilis smartphone kelas entry level dengan kapasitas RAM dan memori internal terkecil dan tetap canggih berkat sistem operasi Android Oreo Go.

Kini giliran Motorola yang menyusul vendor lain seperti Nokia, Alcatel, ZTE, dan merek lain yang lebih dulu merilis smartphone terbaru yang mengimplementasikan Android Go.

Dikutip dari Gizmochina, beredar informasi dari badan Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat terdapat sebuah dokumen memperlihatkan deskripsi dari smartphone terbaru yang sudah didaftarkan untuk kemudian dipasarkan.

Dalam dokumen tersebut terlampir smartphone Motorola dengan nomor model XT1920 ini hadir dengan kapasitas RAM 1GB dan memoril internal 16GB.

Melihat dua spesifikasi tersebut tentu saja kuat dugaan bahwa smartphone ini mengadopsi sistem operasi Android Go agar tetap relevan dengan fitur sera kompatibiltas aplikasi yang ada saat ini.

Disebutkan ada dua varian yang dihadirkan yakni memiliki satu slot kartu SIM dan dua slot kartu SIM. Kemungkinan untuk pasar Asia akan hadir dengan varian kedua yang juga sudah mendukung 4G LTE. Sementara kapasitas baterainya 2.000 mAh atau 2.100 mAh.

Dimensi bodinya hadir dengan ukuran smartphone dengan layar 5 inci. Beberapa waktu lalu sempat beredar desain versi rendering yang diduga merukapan tampilan smartphone ini. Rumor yang beredar Moto C2 akan menjadi nama smartphone ini karena seri C adalah segmen entry-level Motorola.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.