Huawei Siapkan Prosesor Kirin 1020

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 21 Jun 2018 12:20 WIB
huawei
Huawei Siapkan Prosesor Kirin 1020
Huawei dilaporkan tengah mengembangkan Kirin 1020, diklaim mampu menghadirkan kinerja dua kali lebih tinggi dari Kirin 970.

Jakarta: Menurut informasi terbaru, Huawei saat ini tengah dalam proses perencanaan dua prosesor baru, disebut sebagai Kirin 710 dan Kirin 980. Kedua prosesor ini dilaporkan ditujukan sebagai kompetitor langsung untuk Qualcomm Snapdragon 710 dan 845.

Selain itu, laporan terbaru ini turut menyebut bahwa Huawei juga tengah mempertimbangkan rencana masa depan jangka panjang, dengan mengembangkan prosesor bernama Kirin 1020. Chip ini disebut tengah dalam proses pengembangan dan terfokus pada smartphone 5G.

Huawei juga dilaporkan berencana untuk merilis prosesor ini di akhir tahun 2019, bersamaan dengan peluncuran berbagai jaringan 5G. Tidak hanya ini, perusahaan asal Tiongkok ini juga mengembangkan teknologi untuk mendorong performa perangkat secara signifikan.

Secara khusus, laporan tersebut mengklaim bahwa kirin 1020 baru ini akan mampu menggandakan tingkat kinerja, jika dibandingkan dengan kinerja yang disuguhkan prosesor Kirin 970 pendukung Huawei P20 dan P20 Pro.

Selain itu, fokus terbaru Huawei pada teknologi kecerdasan buatan (AI) akan didukung oleh unit pemprosesan jaringan lebih baik.

Berdasarkan informasi dari laporan ini, Huawei diprediksi akan secara resmi merilis chipset prosesor tersebut bersamaan dengan Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro, yang dikabarkan akan meluncur pada kuartal akhir tahun finansial 2019.

Untuk saat ini, dua perangkat unggulan Huawei selanjutnya diperkirakan akan didukung prosesor Kirin 980, yang diproduksi dengan menggunakan proses 7nm versi lebih baru.

Sebelumnya, Huawei mengumumkan investasi bernilai USD81 juta (Rp1,13 triliun).

Investasi tersebut dikucurkan Huawei sebagai bentuk dukungannya terhadap pengembangan ekosistem digital di wilayah operasi Huawei di Asia Tenggara, yaitu Thailand, India, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Hong Kong dan Macau, dan akan disalurkan melalui program Huawei Developer Enablement Plan.


(MMI)

Nokia 6.1 Plus, Pilihan Pemburu Android One
Review Smartphone

Nokia 6.1 Plus, Pilihan Pemburu Android One

10 hours Ago

Nokia 6.1 Plus jadi smartphone Android One yang layak menjadi pilihan di antara merek lainnya.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.