Dana: Milenial Pendorong Transformasi Pembayaran Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 24 May 2018 13:31 WIB
teknologi
Dana: Milenial Pendorong Transformasi Pembayaran Indonesia
Dana menyebut generasi milenial sebagai pendorong dan berperan penting untuk masa depan teknologi.

Jakarta: Startup teknologi finansial, Dana, menyebut generasi milenial memiliki peran penting dalam menentukan masa depan teknologi, serta sebagai pendorong proses transformasi sistem pembayaran digital di Indonesia.

“Revolusi pembayaran digital sudah terlihat di berbagai negara, termasuk Asia yang diawali di Tiongkok dan India. Indonesia memiliki potensi sebagai negara kunci di Asia yang mampu mengakselerasi pembayaran digital non-tunai dan non-kartu," ujar CEO Dana Vincent Iswara.

Selain itu, infrastruktur telekomunikasi di Indonesia dinilai semakin membaik dan diperkirakan akan segera merampungkan proyek Palapa Ring.

Hal ini mendorong keyakinan Dana bahwa Indonesia tidak memiliki alasan untuk tidak semakin efisien dan tidak memiliki angka inklusi finansial yang tinggi.

Dengan jumlah milenial yang mencapai lebih dari 90 juta atau 34,45 persen dari jumlah penduduk, dan jumlah pengguna ponsel pintar yang mencapai lebih dari 100 juta, Dana menyebut bahwa peningkatan tren pembayaran digital merupakan sebuah keniscayaan.

Berdasarkan hal ini, Dana mencoba menawarkan solusi pembayaran yang mengoptimalkan opsi non-tunai, sehingga mampu menghadirkan sistem yang aman dan nyaman bagi generasi milenial di Indonesia. Dana menjamin solusi yang ditawarkannya mampu menghadirkan kenyamanan dan keamanan yang baik.

Hal tersebut dapat dijamin Dana berkat dukungan programmer muda Indonesia, yang saat ini tengah berupaya untuk memodifikasi teknologi tersebut sehingga lebih sesuai untuk masyarakat Indonesia. Dana juga menghadirkan Data Center dan Data Recovery Center yang berlokasi di Indonesia.

Demi menjangkau generasi milenial lebih luas, solusi pembayaran Dana tersedia di sejumlah aplikasi seperti Blackberry Messenger (BBM), Bukalapak, TIXid, serta aplikasi Ramayana. Di BBM, DANA memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran untuk pembelian pulsa telepon atau listrik.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.