Instagram Bisa Sulap Foto Pakai Bokeh

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 11 Apr 2018 11:02 WIB
instagram
Instagram Bisa Sulap Foto Pakai Bokeh
Instagram memperkenalkan fitur baru untuk Stories, bertajuk Focus dan Sticker Mentions.

Jakarta: Instagram memperkenalkan mode portrait baru bertajuk Focus, pada fitur Stories di jejaring sosial miliknya. Fitur ini memungkinkan pengguna menyamarkan latar belakang gambar mereka, meski baru dapat digunakan pada perangkat terbatas.

Fitur ini memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bertugas untuk mendeteksi wajah yang disorot oleh kamera. Tidak hanya pada kamera depan, fitur ini juga dapat digunakan oleh pengguna pada kamera depan, dan menyediakan pilihan untuk mengaplikasikan efek fokus dan samar pada foto selfie.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaplikasikan fitur ini pada video, dan setelah dipotret dan direkam, pengguna akan dapat menyematkan foto dan video akan dapat menghiasnya dengan filter dan aplikasi layaknya konten Stories pada umumnya.

Sementara itu, Instagram turut menghadirkan fitur Sticker Mention baru, yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses pengguna lainnya. Hingga saat ini, untuk dapat menandai rekan, pengguna Instagram dapat menyebut username mereka dalam bentuk teks sederhana.

Dengan fitur Sticker Mention, pengguna Instagram Stories dapat menandai rekan dalam format yang dapat lebih terlihat, sebab stiker mengadopsi efek warna pelangi baru. Fitur mode kamera portrait baru dan Sticker Mention akan mulai digulirkan pada 10 April waktu Amerika Serikat.

Kedua fitur ini digulirkan sebagai bagian dari update Instagram versi 39, dan akan tersedia melalui App Store dan Google Play Store. Menyoal perangkat kompatibel, Instagram menyebut seluruh iPhone yang diluncurkan setelah iPhone 6S pada tahun 2015 dapat memanfaatkan fitur baru tersebut.

Instagram turut mengungkap fitur ini dapat digunakan oleh sejumlah perangkat Android, meski belum mengungkap secara pasti daftar perangkat yang kompatibel dengan kedua fitur terbaru Instagram tersebut.

Sebelumnya,  Instagram juga dilaporkan tengah mempersiapkan diri meluncurkan fitur baru yang disebut Nametags. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah gambar khusus yang bisa dipindai menggunakan kamera Instagram Stories untuk mengikuti akun Anda. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.