ASUS Sempat Pamer Konsep Casing PC ROG Strix

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 02 Jul 2018 15:19 WIB
asus
ASUS Sempat Pamer Konsep Casing PC ROG Strix
Casing ASUS ROG Strix.

Jakarta: ASUS ternyata serius memperluas segmen produknya di segmen gaming. Setelah menyediakann beragam komponen jeroan PC, kini ASUS juga akan merambah ke casing PC.

Meskipun belum masih dalam proses finalisasi, ASUS sempat memamerkan konsep dari casing PC dari ASUS ROG Strix. Melihat desainnya, memang casing PC tersebut sangat kental dengan konsep tampilan serta identitas ASUS ROG.

Material yang digunakannya diberikan lapisan luar metal brush sehingga terlihat sangat mewah dan mengingatkan dengan desain premium laptop ASUS ROG. Salah satu panelnya menggunakan material tempered glass sehingga bisa menampilkan dengan jelas komponen yang terpasang.

Berdasarkan gambar dan foto konsepnya di bagian luar akan terdapat logo ASUS ROG dan kemungkinan besar akan diberikan dukungan fitur ASUS Aura Sync berupa tampilan LED RGB untuk membuat tampilannya semakin menarik.



Sayangnya, tidak ada informasi yang diberikan ASUS terkait spesifikasi lengkap dan fitur konsep produk casing ASUS ROG Strix. Disebutkan bahwa casing PC ini dapat mendukung ukuran motherboard E-ATX.

Casing ini akan mendapatkan sedikit modifikasi dari ASUS, dalam situs resminya ASUS akan menyediakan slot PCIe x16 dalam bentuk vertikal di atas bagian cover PSU dengan tujuan membuat kartu grafis bisa terlihat jelas dari panel.



ASUS akan menghubungkan slot PCIe x16 tersebut ke motherboard menggunakan kabel PCIe ribbon cable. ASUS menyebut bahwa casing ROG Strix mampu menampung dual 360mm radiator pendingin. Masih tersedia ruang untuk tiga kips pendingin tambahan.

Selain itu, casing ini akan hadir langsung dengan kipas pendingin bawaan ukuran 140mm yang menggunakan magnetic bearing PWM yang bisa terhubung ke motherboard dan dikonfigurasi kinerjanya lewat fitur FanXpert. Di bagian depannya telah disapkan I/O Port yang terdiri dari Quick Charge 3.0 USB 3.1 Gen2.

ASUS belum menyebutkan kapan produk ini dirilis ke pasar termasuk harganya, tapi casing ASUS ROG Strix hadir untuk menunjang produk komponen PC yang juga dirilis oleh ASUS selama ajang Computex 2018.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.