Jika Rusia Kacaukan Pemilu, AS Siap Lakukan Serangan Siber

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 05 Nov 2018 16:43 WIB
cyber security
Jika Rusia Kacaukan Pemilu, AS Siap Lakukan Serangan Siber
Ilustrasi.

Jakarta: Amerika Serikat bersiap melakukan serangan siber pada Rusia, mereka secara langsung melakukan intervensi pada pemilu paruh waktu minggu ini, menurut laporan Pusat Integritas Publik. 

Departemen Pertahanan dan komunitas intelijen AS secara diam-diam berencana untuk melakukan serangan siber pada Rusia jika mereka diketahui mengacaukan pemilu pada 6 November. Laporan itu mengutip para senior dan mantan penjabat AS yang tahu soal rencana ini, lapor Business Insider

Sayangnya, tidak ada informasi terkait bagaimana AS akan melakukan serangan ini atau cara kerja dari serangan itu sendiri. Dalam laporan itu disebutkan bahwa para hacker militer AS telah diberikan izin mengakses jaringan Rusia untuk melakukan serangan tersebut. 

Serangan ini hanya akan dilakukan jika Rusia secara langsung melakukan intervensi atas pemilu AS, seperti mencoba untuk mengacaukan sistem pendaftaran para peserta pemilu atau hasil pemilu. 

Dengan kata lain, Rusia harus  melakukan serangan langsung dan tidak sekadar memengaruhi pikiran pemilih, seperti "mencoba untuk mengubah pendapat atau cara seseorang memilih", kata seorang pejabat senior yang tak mau disebut namanya. 

Laporan ini menunjukkan bahwa AS akan mengintegrasikan strategi perang siber dengan strategi militer biasa mereka. Selain itu, komunitas intelijen di AS juga tampaknya semakin khawatir dengan serangan siber yang ditujukan ke AS.

Dikabarkan, Rusia telah menyebarkan propaganda politik sayap kanan di Facebook untuk memengaruhi hasil pemilu paruh waktu kali ini. 


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.