Tiga Faktor Dasar Jaringan Nirkabel

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 20 Dec 2018 16:01 WIB
qualcomm
Tiga Faktor Dasar Jaringan Nirkabel
Qualcomm menyebut ada tiga faktor dasar dari kualitas jaringan nirkabel.

Jakarta: Perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi saat ini menghadirkan berbagai kemudahan untuk terhubung dengan rekan dan keluarga. Terlebih saat ini, konektivitas telah menjadi kebutuhan utama dalam aktivitas lain seperti pencarian informasi.

Sementara itu dalam konektivitas nirkabel, terdapat tiga faktor yang diungkap Qualcomm menjadi faktor dasar untuk menjadikan jaringan lebih baik, yaitu spektrum, cakupan atau coverage, dan kapasitas.

“Dalam konektivitas wireless, ada tiga fundamental yaitu spectrum, coverage dan connectivity. Ketiga hal ini berperan dalam menentukan kualitas jaringan yang diterima pengguna baik atau tidak, meski juga harus berhadapan dengan sejumlah tantangan,” ujar Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto.

Menyoal cakupan, Dominikus menyampaikan bahwa cakupan jaringan akan semakin baik jika perangkat penerima berada di dekat menara pemancar jaringan.

Pelemahan cakupan jaringan tersebut juga diperparah dengan hambatan akibat keberadaan gangguan benda fisik, seperti gedung, terowongan, dan tembok.

Akibat hambatan ini, kualitas jaringan tersebut disebut menurun hingga 100 triliun kali jika dibandingkan dengan kekuatan jaringan saat didistribusikan melalui tiang pemancar. Perkembangan dunia saat ini menyebabkan gangguan tersebut tidak mungkin dihindari. 

Selain itu, gangguan juga ditimbulkan oleh kehadiran jaringan radio lain yang diperuntukan bagi aktivitas selain jaringan komunikasi seluler. Karenanya, Dominikus menyebut kehadiran teknologi yang berkemampuan untuk memisahkan antara jaringan dan gangguan tersebut.

Sementara itu, spektrum terbagi menjadi dua jenis yaitu spektrum berlisensi yang telah diatur oleh pemerintah, serta spektrum tidak berlisensi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lainnya. Spektrum disebut memiliki keterbatasan menyoal ketersediaannya yang tidak lagi dapat diperluas.

Spektrum juga terkait dengan faktor kapasitas untuk menghadirkan layanan jaringan yang cepat. Sebab, agar pengguna dapat menikmati pengalaman jaringan yang cepat, Dominikus menjelaskan spektrum harus cepat dan kapasitas harus besar.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.