Google: Orang Indonesia Sering Pesan Hotel Secara Online dan Mendadak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 09 Oct 2018 19:34 WIB
google
Google: Orang Indonesia Sering Pesan Hotel Secara Online dan Mendadak
Pengumuman data Google.

Jakarta: Ketika hendak berlibur, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk memesan kamar hotel pada detik-detik terakhir.

Menurut data dari Google, sebanyak 24 persen orang Indonesia memesan kamar hotel satu hari sebelum keberangkatan, atau bahkan pada hari yang sama saat keberangkatan. Uniknya, saat musim liburan, jumlah orang yang memesan kamar hotel pada detik-detik terakhir justru bertambah.

"Pada akhir tahun atau lebaran, kontribusi last minute booker justru naik, dari 24 persen menjadi 32 persen. Orang-orang menjadi lebih spontan. Karena sedang musim berlibur, mereka lebih impulsif untuk liburan," kata Zulfi Rahardian, Industry Manager, Google Indonesia. 

Menurut Zulfi, tren memesan hotel pada detik terakhir ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Dia mengatakan, ini terjadi karena adanya platform online yang memudahkan orang-orang untuk memesan hotel dengan lebih mudah. 

"Secara global, tren untuk last minute booking memang sedang naik. Karena banyak kemudahan yang disediakan oleh platform online," kata Zulfi. 

Kurnia Rosyada, Vice President of Marketing Traveloka mengatakan, Traveloka menyediakan fitur Stay Now untuk memudahkan orang untuk menemukan hotel pada hari itu juga.

Wanita yang akrab dengan panggilan Kurnia ini juga menyebutkan, tidak semua orang Indonesia senang memesan hotel secara mendadak. 

"Kalau pergi ke tempat yang sudah familier atau dekat," kata Kurnia tentang ciri-ciri orang yang memesan hotel pada detik terakhir. "Kalau tujuan jauh, biasanya tidak akan memesan menjelang keberangkatan. karena perlu banyak perencanaan."


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

2 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.