Samsung Patenkan Pemindai Telapak Tangan

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 03 Dec 2017 14:26 WIB
samsung
Samsung Patenkan Pemindai Telapak Tangan
Samsung dilaporkan mendaftarkan paten teknologi biometrik baru, yaitu pengenalan garis pada telapak tangan.

Jakarta: Samsung dilaporkan mendaftarkan paten teknologi baru di bidang pemindaian biometrik, yaitu teknologi pengenalan telapak tangan. Teknologi tersebut dilaporkan tidak akan digunakan untuk membuka kunci ponsel.

Phone Arena melaporkan, teknologi tersebut ditujukan Samsung sebagai cara bagi perangkat untuk memberikan petunjuk terkait password yang disimpan pengguna. Samsung menggambarkan paten teknologi sebagai fitur pada ponsel.

Teknologi ini berfungsi untuk memindai garis pada telapak tangan pengguna setelah foto dipotret dengan kamera ponsel. Jika pengguna lupa password untuk membuka kunci perangkat, pengguna dapat menggunakan kamera untuk memotret tangan dan memverifikasi identitas pada ponsel.

Jika teknologi dapat mengenali dengan baik, maka perangkat akan menampilkan huruf berbeda dari password, betebaran di seluruh garis telapak tangan pengguna yang telah dipotret. Teknologi ini terdengar aneh dan rumit.

Selain itu, teknologi menimbulkan pertanyaan terkait kemampuan pengguna lain untuk menggunanak ponsel jika berhasil membuka telapak tangan pemilik perangkat.

Namun, paten ini diperkirakan masih sebatas teknologi eksperimen Samsung dan belum dapat dipastikan akan dibenamkan pada perangkat karyanya.

Sementara itu, Samsung baru saja meluncurkan ponsel lipat W2018, di Xiamen, Tiongkok. Ponsel lipat tersebut masuk ke dalam kelas premium dengan dua layar. Selama 10 tahun belakangan, Samsung meluncurkan smartphone seri W untuk penggalangan dana dan W2018 hadir sebagai versi ulang tahun ke-10. 


(MMI)