Bose Juga Garap Kacamata AR

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 11 Mar 2018 11:24 WIB
teknologi
Bose Juga Garap Kacamata AR
Kacamata AR buatan Bose .(CNET)

Jakarta: Teknologi AR (Augmented Reality) dilihat sebagai salah satu bentuk masa depan. Perusahaan audio juga tidak mau ketinggalan tren terseut, seperti Bose yang mengumumkan menciptakan kacamata AR.

Dikutip dari CNET, Bose telah menggelontorkan dana USD 50 juta (Rp689 juta) dan software development kit untuk AR mereka. Bose menyebut teknologi dari kacamata ini dengan nama audio augmented platform.

Jadi bukan menyajikan konten video, kacamata AR Bose akan menyajikan konten audio AR kepada penggunanya yang akan berinteraksi mengikuti lokasi berdasarkan GPS.

Misalnya, saat penggunanya memandang ke langit, kacamata ini langsung menyajikan audio yang mejelaskan kondisi cuaca hari ini. Kemudian saat Anda berada di lokasi monumen bersejarah, Anda akan langsung disajikan rekaman atau informasi dari peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di lokasi tersebut.



Contoh lainnya, apabila GPS mengetahui Anda sedang berada di airport. kacamata AR Bose akan langsung memberikan audio penunjuk jalan yang harus dilalui. Kacamata ini menggunakan sebuah speaker mini yang tidak akan terdengar ke orang di sebelah penggunanya.

Pihak Bose juga mengungkapkan bahwa mereka telah menanamkan sensor gerak untuk membantu penggunanya mengontrol fitur di kacamata ini, tidak hanya dengan fitur sentuh tapi juga dan perintah suara dan gerakan kepala.

Belum diketahui kapan Bose akan merilis kacamata ini ke pasar. Sejauh ini kacamata AR Bose tersebut masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.