Samsung Galaxy S9

Indonesia Lebih Dahulu Kebagian Samsung Galaxy S9

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 10 Mar 2018 13:43 WIB
samsunggalaxy s9
Indonesia Lebih Dahulu Kebagian Samsung Galaxy S9
Peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus di Indonesia. (Medcom.id)

Jakarta: Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang mendapatkan Samsung Galaxy S9. Hal ini disampaikan oleh Head of Products IM Samsung Electronics Indonesia, Denny Gallant dalam peluncuran Galaxy S9 dan S9 Plus di Indonesia kemarin. 

Pria yang akrab dengan panggilan Denny ini menyebutkan bahwa Indonesia masuk ke dalam "fase pertama" untuk peluncuran Galaxy S9, sama seperti Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Memang, Samsung bergerak cepat untuk meluncurkan smartphone premium barunya di Indonesia. Galaxy S9 resmi dirilis pada 25 Februari, satu hari sebelum Mobile World Congress dimulai. Pada tanggal 27 Februari, Samsung telah membuka pre-order untuk Galaxy S9 dan S9 Plus di Indonesia. 

"Potensi pangsa pasar premium Indonesia sangat bagus," kata Denny ketika ditanya mengapa Samsung memutuskan untuk segera meluncurkan smartphone premium barunya di Indonesia.

"Selain itu, market share Samsung di Indonesia juga sangat dominan. Dan ada banyak konsumen yang setia."

Terkait pre-order Galaxy S9, Denny juga menyebutkan bahwa smartphone baru Samsung itu lebih banyak dipesan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy S8. Menurut Denny, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menyambut Galaxy S9 dengan baik.

"Walau waktu pre-order lebih singkat dan mempertimbangkan harga Galaxy S9 lebih mahal, sambutan masyarakat lebih baik," ujar Denny. 

Dia juga menyebutkan, meskipun secara fisik Galaxy S9 tidak terlihat jauh berbeda dari Galaxy S8, tapi smartphone premium baru Samsung memiliki beberapa fitur baru, seperti AR Emoji dan kamera dengan dua aperture


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.