Polisi Gunakan AR untuk Olah TKP

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:51 WIB
virtual reality
Polisi Gunakan AR untuk Olah TKP
Penggunaan AR oleh kepolisian. (YouTube / Dragos Datcu)

Metrotvnews.com: Keberadaan Pokemon Go menunjukkan bagaimana teknologi AR (Augmented Reality) dapat digunakan dalam game.

Namun, kepolisian Belanda ingin menggunakan AR untuk tujuan yang serius yaitu melatih para polisi untuk mengerti dan memproses TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Untuk menggunakan sistem yang masih dalam tahap prototipe ini, para polisi Belanda harus menggunakan bodi camera yang akan menyiarkan video ke ahli forensik, yang kemudian akan memberikan catatan terkait TKP sehingga polisi dapat mendokumentasikan bukti, mengambil sampel atau bahkan mencari tersangka dengan lebih baik. 

Catatan yang diberikan oleh ahli forensik ini dapat dilihat oleh polisi melalui smartphone atau sebuah perangkat yang digunakan di kepala. 

Menurut CNET, alasan dibalik pengembangan sistem ini adalah karena polisi yang pertama kali tiba di TKP terkadang bukanlah orang terbaik untuk melakukan penyelidikan.

Dengan bantuan sistem AR, para polisi akan mendapatkan bantuan dari para ahli untuk memproses apa yang mereka temukan di tempat kejadian. Selain itu, hal ini juga akan mengurangi kemungkinan seorang polisi mengontaminasi bukti.



Dragos Datcu, Principal Researcher di perusahaan AR Twnkls dan para koleganya di Delft University of Technology telah mengembangkan sistem ini selama 5 tahun. Kini, mereka bekerja sama dengan kepolisian Belanda, Institut Forensik Belanda dan Pemadam Kebakaran Belanda untuk menyempurnakan teknologi ini. Menurut Datcu, para polisi sudah akan dapat membeli sistem ini dalam waktu 6 bulan.

"Kami telah mencoba sistem ini dan ia terbukti sangat membantu ke berbagai hal terkait kepolisian," kata Nick Koeman, penasehat inovasi untuk Polisi Nasional Belanda, pada New Scientist.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /