Meri, Ponsel Perdana Xiaomi dengan Prosesor Mandiri?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 17 Oct 2016 08:35 WIB
xiaomi
Meri, Ponsel Perdana Xiaomi dengan Prosesor Mandiri?
Xiaomi dikabarkan akan membekali smartphone terbarunya, yaitu Meri, dengan chipset prosesor buatannya sendiri.

Metrotvnews.com: Awal tahun ini, Xiaomi dilaporkan berencana untuk menggunakan chipset buatannya sendiri pada smartphone terbaru yang akan mereka luncurkan pada tahun ini. Prosesor ini kabarnya akan ditanamkan pada ponsel kelas menengah bawah pada pertengahan tahun kedua 2016.

Keputusan ini diketahui masyarakat telah digarap Xiaomi selama beberapa waktu, setelah beredar kabar di tahun 2014 lalu yang menyebut, Beijing Pinecone Electronics menandatangani kesepakatan dengan desainer bernama Leadcore Technology Ltd.

Perusahaan yang berada di bawah payung Xiaomi tersebut bekerja sama merancang chipset mode multiple 4G mereka dengan Leadcore Technology Ltd yang merupakan anak perusahan dari Datang Telecom. Sementara itu, salah satu akun Weibo bernama @Science and Tehcnolgy mengedarkan informasi terkait prosesor ini.

Akun Weibo tersebut mengunggah gambar yang diperkirakan sebagai prosesor yang dikembangkan oleh Xiaomi ini terdapat pada perangkat bernama Xiaomi Meri. Pada gambar halaman benchmark AnTuTu, prosesor ini dilengkapi dengan GPU Mali-T860.



Sementara itu, gambar benchmark AnTuTu tersebut juga menampilkan Xiaomi Meri hadir dengan dukungan layar seluas 5,46 inci dan mengusung resolusi 1080p. Gambar lainnya menampilkan data EXIF foto yang dipotret menggunakan kamera ponsel tersebut, yang tersemat kata PINECONE.

Langkah Xiaomi untuk menggunakan prosesor karyanya ini dinilai menjadi kabar buruk bagi produsen prosesor Qualcomm dan MediaTek. Seperti yang telah diketahui, kedua nama besar produsen tersebut merupakan penyuplai utama untuk seluruh ponsel buatan Xiaomi.

Namun, keputusan ini juga akan menghasilkan keuntungan lebih besar untuk perusahaan asal Tiongkok tersebut. Beberapa waktu lalu, Xiaomi juga dikabarkan tengah mengembangkan layar lentur yang akan digunakannya pada perangkat generasi selanjutnya.


(MMI)