Bukalapak Perluas Lapak ke BBM

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 02 Dec 2016 14:49 WIB
blackberrybukalapak
Bukalapak Perluas Lapak ke BBM
BBM terus berusaha mengembangkan fiturnya. (ANTARA FOTO / Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: BBM punya fitur baru. Ialah BBM Shopping, yang memungkinkan Anda untuk berbelanja di Bukalapak via aplikasi messaging BBM. Melalui BBM Shopping, Anda dapat mengakses jutaan produk yang ada di Bukalapak.

Pengguna Bukalapak dapat menghubungkan akun online mereka ke BBM Shopping, sementara pengguna pengguna baru cukup masuk ke akunnya sekali sehingga tidak perlu lagi melakukan login saat hendak melakukan pembayaran di BBM.

"Kolaborasi Bukalapak dan BBM merupakan bagian dari komitmen kami untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih baik dan memudahkan para pelanggan," kata CEO dan pendiri Bukalapak, Achmad Zaky.

"Saya yakin kolaborasi ini akan mendorong masyarakat untuk mengambil bagian dalam online marketplace," ujarnya.

Saat diluncurkan pada tahun 2005, BBM hanyalah aplikasi messaging. Ia lalu berubah menjadi aplikasi sosial dengan berbagai fitur baru seperti Feeds, BBM Game Center, BBM Pulsa/PLN dan BBM Voucher. WhatsApp berhasil menjadi aplikasi messaging favorit di 109 negara, tapi masyarakat Indonesia tetap setia dengan BBM.

Saat ini, BBM memiliki 64 juta pengguna. Pada bulan Juni lalu, Emtek resmi mengakuisisi lisensi BBM dari BlackBerry. Sementara pada bulan Oktober, pihak Emtek mengaku ingin menjadikan BBM sebagai aplikasi super, yaitu aplikasi yang menyediakan berbagai fungsi, dari pengiriman pesan hingga e-commerce.

"Kami akan mengubah BBM dari aplikasi pesan biasa menjadi platform mobile yang menawarkan fitur memungkinkan merek untuk tidak hanya berinteraksi dengan pelanggan tapi juga mendorong pembelian," kata Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, perusahaan di balik BBM. 

Ke depan, Talbot berkata, BBM akan mengembangkan berbagai layanan dan fitur baru untuk memudahkan pengguna dan memberikan nilai lebih pada mitra mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.