Aruba: Empat Tren TIK Ini Harus Diperhatikan Perusahaan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 25 Mar 2018 17:23 WIB
corporatearuba networks
Aruba: Empat Tren TIK Ini Harus Diperhatikan Perusahaan
(kiri-kanan) Senior Vice President, Worldwide Sales Aruba Alain Carpentier, Senior Director and GM South East Asia and Taiwan Aruba Justin Chiah, dan Country Manager, Indonesia Aruba Robert Suryakusuma.

Jakarta: Proses digitalisasi semata-mata tidak hanya memberikan kemudahan bagi perusahaan berkembang ke depannya tapi juga memiliki tantangan.

Tantangan tersbeut adalah lingkungan dan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin kompleks, misalnya adopsi layanan komputasi awan, Internet of Things (IoT), dan AI atau kecerdasan buatan.

Dalam sebuah diskusi yang digelar Aruba, disebutkan ada empat tren TIK yang setidaknya harus diperhatikan perusahaan saat melakukan digitalisasi. Pertama adalah tentang digital workplace dan modernisasi jaringan.

Dengan mobilitas sehari-hari yang semakin padat, pegawai perusahaan dituntut untuk tetap produktif. Oleh sebab itu, perusahaan harus mulai memfasilitasi hal tersebut, salah satunya dengan menyediakan ruang kerja digital atau digital workplace lewat layanan cloud.

Jadi, mereka tetap bisa mengerjakan tugasnya meskipun pegawai tersebut tidak berada di kantor. Perusahaan harus memodernisasi sistem jaringan perusahaan, sehingga mereka yang berada di luar kantor bisa terhubung dengan sistem utama di kantor. 

Tren kedua adalah sistem keamanan jaringan di era IoT. Tren tersebut didasari oleh adopsi IoT yang juga akan semakin masif di kalangan perusahaan mengingat mereka mendigitalisasi seluruh sistem dan operasionalnya.

Apabila dalam sistem mereka terdapat sebuah celah keamanan, bukan tidak mungkin seluruh sistem perusahaan tidak tumbang. Aruba sendiri menawarkan teknologi Aruba 360 Secure Fabric untuk melindungi jaringan sistem IoT termasuk cloud yang digunakan perusahaan.

Tren ketiga menurut Aruba yang patut perusahaan perhatikan adalahh teknologi location-based asset tracking. Digitalisasi bisnis sewajarnya membantu perusahan melakukan efisiensi bisnis sekaligus meningkatkan performa bisnis.

Aruba menawarkan teknologi Aruba Tag untuk memudahkan setiap perusahaan mengelola aset bisnis mereka dimanapun dan kapanpun. Artinya tidak ada waktu yang terbuang dan seluruh waktu yang diperoleh dari efisiensi operasional bisa digunakan untuk meningkatkan kualits layanan.

Tren keempat adalah kecepatan internet berpengaruh terhadap bisnis. Di era digital, pelanggan bisa mendapatkan segala sesuatu dengan mudah, saat mereka tidak menemukan di satu tempat maka dengan mudah dan cepat mereka berpaling ke yang lain.

Jadi tidak heran apabila kecepatan internet menjadi hal yang vital bagi perusahaan untuk memberikan layanannya. Menurut laporan The State of Online Reatil Performance, saat sebuah e-commerce menyajikan layanan dengan lambat selama dua detik saja, jumlah pengunjung situs yang beralih akan meningkat drastis.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.