AMD Segera Atasi Isu Spesifikasi RX 560

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 07 Dec 2017 18:02 WIB
amdhardwareryzen
AMD Segera Atasi Isu Spesifikasi RX 560
Radeon RX 560

Jakarta: Beberapa waktu lalu sebuah laporan mengatakan AMD ternyata merilis dua varian kartu grafis Radeon RX 560 ke pasar. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda, namun beberapa vendor masih menjualnya dengan nama yang sama.

Hal tersebut membuat konsumen dibingungkan karena tidak ada tanda yang membedakan mana RX 560 dengan spesifikasi yang lebih baik atau lebih rendah.

Mendengar hal tersebut, AMD akhirnya angkat bicara. Kepada PC GAMER, AMD mengkonfirmasi pihaknya memang merilis dua varian kartu grafis RX 560.

Varian pertama adalah yang diumumkan oleh AMD pada bulan April 2017 yang memiliki 16 compute unit dan 1024 stream processor. Sementara varian kedua yang baru tampil memiliki 14 compute unit dan 896 stream processor.

AMD juga mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan produsen kartu grafis dan vendor AIB agar keduanya dibedakan sehingga konsumen tidak bingung saat memilih dua kartu grafis tersebut.

"Benar kami merilis dua varian kartu grafis RX 560. Kami memperkenalkan versi dengan 14 compute unit pada pertengahan tahun ini. Tujuannya adalah agar pengguna memiliki lebih banyak pilihan dan bisa menyesuaikan kartu grafis dengan kebutuhannya," ujar pihak AMD.

"Kami akan melakukan komunikasi dengan mitra AIB dan vendor agar hal ini tidak terulang. Kami mohon maaf atas isu ini."

Varian RX 560 dengan compute unit yang lebih sedikit sebenarnya sudah pernah dirilis untuk beberapa wilayah Asia pada pertengahan tahun.

Namun, kartu grafis tersebut hadir dengan nama RX 560D untuk membedakan varian dan menandakan kalau kartu garfis ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah. 

Di beberapa wilayah lain, vendor kartu grafis masih menggunakan nama RX 560 tanpa huruf "D" di varian yang memiliki 14 compute unit. Hal tersebut membuat konsumen kesulitan untuk mengenali setiap varian karena satu-satunya cara untuk mengenalinya adalah melihat langsung spesifikasi internalnya.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.