Penyedia Layanan Bitcoin NiceHash Dibobol, Rugi Rp1.000 Triliun

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 07 Dec 2017 17:08 WIB
bitcoincyber security
Penyedia Layanan Bitcoin NiceHash Dibobol, Rugi Rp1.000 Triliun
Layanan penambangan bitcoin NiceHash diretas

Jakarta: Penyedia jasa penambangan bitcoin NiceHash baru saja dilaporkan telah diretas.

Menurut PC GAMER, NiceHash mengumumkan hal tersebut setelah melakukan maintenance terhadap layanannya selama 12 jam. Kejadian ini juga membuat seluruh layanan NiceHash ditutup selama 24 jam ke depan untuk dilakukan investigasi.

Menurut laporan terkininya, kejadian ini mengakibatkan NiceHash kehilangan 4700 bitcoin. Jumlah tersebut setara dengan Rp1.097 triliun, mengingat harga satu bitcoin saat ini mencapai Rp234 juta.

NiceHash mengatakan saat ini mereka juga sudah bekerjasama dengan pihak berwenang untuk menangani kasus ini. Sayangnya, hingga saat ini belum pernah ada kasus pencurian bitcoin yang berakhir dengan berita baik.

NiceHash sendiri menyediakan layanan untuk menyewa GPU dan komputer khusus sehingga Anda bisa melakukan aktivitas penambangan tanpa perlu memiliki mesin khusus yang harganya sangat mahal.

NiceHash juga diklaim sebagai salah satu marketplace dan layanan penambangan terbesar di dunia. Jika Anda memiliki akun di NiceHash ada baiknya jika Anda mengganti password setelah layanannya kembali pulih.

Bitcoin memang sedang menjadi incaran hacker saat ini. Nilai tukarnya yang terus meroket menajdi salah satu alasan mengapa cryptocurrency ini sangat banyak diminati dan diburu.

Menjamurnya layanan jual beli dan penambangan bitcoin juga telah menarik hacker untuk mencuri sejumlah bitcoin dari penyedia layanan tersebut.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.