Punya Kapasitas 512GB, Samsung Pionir Memori Ponsel Super Besar

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 06 Dec 2017 14:26 WIB
samsung
Punya Kapasitas 512GB, Samsung Pionir Memori Ponsel Super Besar
Chip memori Samsung berkapasitas 512GB menjadi chip

Jakarta: Meningkatnya konsumsi internet ke depannya juga berpengaruh langsung terhadap kemampuan gadget. Pasti akan semakin banyak konten digital yang tersimpan di perangkat tersebut dampaknya memori perangkat terus terisi.

Solusinya adalah dengan menambahkan kapasitas memori perangkat yang lebih besar lagi. Hari ini, 6 Desember 2017, divisi komponen Samsung baru saja merilis chip memori yang bisa membuat perangkat seperti smartphone memiliki kapasitas memori terbesar yang pernah ada.

Samsung mengumumkan sedang dalam produksi chip memori berkapasitas 512GB. Bermodal kapasitas 512GB sebuah smartphone mampu menyimpan 130 video beresolusi 4K dengan durasi 10 menit, seperti dilaporkan Mashable.

Berbeda dengan memori berkapasitas 64GB yang hanya bisa menyimpan 13 video 4K. Selain itu sebuah smartphone juga mampu memiliki peningkatan kecepatan performa yang lebih cepat dan stabil seperti kecepatan berbagi data.

Chip memori Samsung 512GB ini diklaim mampu mengirimkan konten video berkualitas HD dengan kapasitas 5GB ke perangkat memori SSD hanya dalam hitungan 6 detik. Kecepatan ini 8 kali lipat lebih cepat ketimbang menggunakan kartu MicroSD.

Samsung juga mengklaim bahwa sebuah smartphone dengan chip tersebut mampu melakukan multitasking yang tergolong berat dengan lancar. Misalnya melakukan pencarian files sambil mengunduh video dalam mode dual-app.

Dari sisi kemampuan kamera, sebuah smartphone juga mampu melakukan mode burst photo dalam kualitas resolusi tinggi tanpa tersendat. Untuk konsumsi energinya Samsung mengklaim bahwa penggunaan chip terbaru mereka juga sangat hemat energi.

Belum diketahui kapan komponen chip tersebut mulai ditanamkan dalam smartphone dan tersedia di pasar.


(MMI)

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu
Review Smartphone

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu

2 weeks Ago

Honor 10 menjadi smartphone flagship pertama Honor yang diboyong ke Indonesia.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.