CES 2018

Speaker Keamanan Ini Terinspirasi dari Film Home Alone

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 10 Jan 2018 14:30 WIB
teknologices 2018
Speaker Keamanan Ini Terinspirasi dari Film Home Alone
Startup asal Swiss meluncurkan speaker cerdas berkemampuan menyimulasikan skenario untuk menjaga rumah dari perampok.

Jakarta: Ranah speaker cerdas kedatangan produk baru yang dinilai terinspirasi oleh cerita dari film Home Alone, bertajuk Kevin. Mengusung nama serupa tokoh utamanya, produk ini merupakan speaker cerdas yang dirancang untuk menjaga rumah dari perampok atau sekadar tetangga jahil.

Speaker ini mengusung kemampuan untuk menyimulasikan lampu dan suara sehingga mengesankan keberadaan pemilik di dalam rumah. Simulasi tersebut dapat berupa lampu biru yang berkerlip dan suara film aksi tengah ditayangkan saat tengah malam.

Simulasi lain yang juga dapat dilakukan speaker ini termasuk suara percakapan dari arah dapur atau bayangan seseorang mengelilingi ruang tamu dan membersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner.

Speaker ini juga didampingi oleh aplikasi, memungkinkan pengguna untuk memilih skenario yang mengesankan seseorang ada di rumah, yang sedang menonton siaran olahraga di televisi, berolahraga dan mandi.

Pengguna juga dapat memasukan detil terkait aktivitas mereka di rumah dan menciptakan skenario khusus. Kevin resmi diluncurkan di ajang CES 2018 dan mampu memamerkan keluaran audio dari sejumlah skenario preset dengan cukup alami.

Kevin diciptakan oleh startup asal Swiss bernama Mitipi, dan akan diluncurkan di Kickstarter dalam beberapa minggu mendatang. Pembeli pertama pada platform pendanaan massal tersebut dapat memperoleh Kevin seharga USD150 (Rp).

Setelah resmi dipasarkan, Mitipi menyebut akan mematok harga sebesar USD300 untuk speaker cerdas unik karyanya tersebut. Kevin tidak berfungsi sebagai speaker mandiri, sebab harus terhubung dengan sejumlah perangkat IoT di rumah untuk dapat menjalankan skenario.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.