Santri Juga Bisa Bikin Robot

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 02 Oct 2017 15:09 WIB
teknologi
Santri Juga Bisa Bikin Robot
Santri Mambaus Solihin, Blitar, menciptakan robot yang sudah berhasil memperoleh prestasi di ajang kompetisi robotik internasional

Metrotvnews.com, Blitar: Tinggal di pesantren kerap dianggap sebagai tempat untuk belajar tentang ilmu agama saja. Kenyataannya tidak begitu, bagi salah satu pesantren yang ada di Blitar, Jawa Timur. Seiring dengan perkembangan, santri juga mempelajari ilmu teknologi, salah satunya robotik.

Beberapa santri di Pesantren Mambaus Solihin di desa Sumber Kabupaten Blitar misalnya, mereka berhasil menciptakan robot yang bisa bermain dan menggiring bola, serta robot pintar yang bisa berjalan mengikuti garis yang ada di hadapannya.

Menariknya semua robot tersebut awalnya berasal dari perangkat elektronik yang tidak dipakai kemudian dirakit dan dimodifikasi sehingga bisa menjadi robot.



"Untuk merakitnya sebetulnya tidak sulit, tetapi yang paling lama itu programming. Supaya bisa melakukan berbagai macam hal jadi ada proses programming lama dan harus pas," ungkap santri pembuat robot, Muhammad Gymnastiar.

Pada robot yang bisa menggiring bola dikendalikan dengan dua metode, pertama dengan kabel dan satu nirkabel. Berbeda lagi dengan robot line follower, dengan pintar robot ini bisa melaju mengkuti garis dengan sangat akurat. Santri dari pesantren ini juga sudah mengikuti dua kejuaraan robot internasional dan berhasil membawa piala.

"Di Singapura dan di Malaysia. Di Malaysia awal Januari lalu kita dapat juara pertama di International Robotic Training Competition di Islamic Center Johor, Malaysia," ungkap Muhammad. Rencananya tahun ini mereka juga akan ikut mewakili Indonesia di ajang kompetisi robot di Jepang.

Prestasi para santri ini membuktikan bahwa kemampuan generasi muda Indonesia tidak kalah dibandingkan negara lain. Ketertarikan mereka terhadap teknologi robotik yang terdengar rumit juga sudah ada sejak usia masih sangat muda.


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /