Google DeepMind Bisa Belajar Tanpa Bantuan Manusia

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 18 Oct 2016 10:18 WIB
google
Google DeepMind Bisa Belajar Tanpa Bantuan Manusia
Google DeepMind kini dapat belajar tanpa bantuan input data dari manusia.

Metrotvnews.com: DeepMind kini mampu mengajari dirinya sendiri berdasarkan informasi yang telah diprosesnya.

Kemampuan ini merupakan pengembangan selanjutnya untuk sistem kecerdasan buatan (AI) yang didukung oleh sistem hibrida Alphabet bernama Differential Neural Computer (DNC).

Sistem ini menggunakan data yang telah tersimpan pada memori penyimpanan komputer konvensional, saat dihubungkan dengan AI dan jaringan neural yang berkemampuan untuk menganalisanya dengan cepat. Model dengan sistem ini dapat mempelajari dari contoh seperti jaringan syaraf.

Sistem ini juga dapat menyimpan data dengan tingkat kerumitan tinggi layaknya kemampuan yang dimiliki oleh komputer.

Layaknya otak, jaringan syaraf pada model ini menggunakan rangkaian simpul yang saling terhubung untuk menyimulasikasikan pusat tertentu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas.

Pada kasus ini, AI mengoptimalkan simpul untuk menemukan solusi tercepat guna menghadirkan hasil yang diinginkan. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan data guna memperoleh jawaban yang sesuai dengan lebih efisien.

Tidak hanya dapat mempelajari setiap hasil yang memungkinkan untuk mendapatkan solusi, DeepMind juga dapat memperoleh jawaban dari pengalaman sebelumnya. Hal ini dimungkinkan dengan menggali jawaban dari memori internal dan bukan dari kondisi atau pemprograman di luar sistem.

Proses ini merupakan cara kerja DeepMind yang memungkinkannya dapat mengalahkan manusia yang memegang posisi sebagai juara Go.

Go merupakan game dengan jutaan potensi pergerakan dan kombinasi angka tidak terbatas, seperti yang dilaporkan The Next Web.


(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /